ZOPFAN: Perjanjian Kerjasama Negara ASEAN Dalam Bidang Apa?

Zona Perdamaian, Kebebasan, dan Netralitas (ZOPFAN) adalah perjanjian yang meresmikan komitmen Negara-negara anggota ASEAN untuk menjaga kawasan ASEAN bebas dari campur tangan atau intervensi kuasa-khuasa asing. Dengan demikian, ZOPFAN bisa disebut sebagai instrumen strategis politik ASEAN untuk memelihara perdamaian dan stabilitas regional melalui pembentukan zona yang damai, bebas, dan netral.

Perjanjian ZOPFAN berfokus pada kerjasama di bidang politik dan keamanan. Hal ini dirancang untuk membangun kepercayaan dan mengurangi ketegangan di kawasan, dengan tujuan utama memajukan dan memantapkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas regional.

Baca Juga :  Berikut Ini yang Merupakan Rumusan Trisila yang Diusulkan oleh Ir. Soekarno Adalah

Diluncurkan pada tahun 1971 di salah satu Konferensi Menteri-Menteri Luar Negeri ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia, ZOPFAN merupakan bukti dari keinginan kuat negara-negara ASEAN untuk menjaga kawasan Asia Tenggara sebagai zona bebas konflik. ZOPFAN merupakan langkah proaktif dari ASEAN dalam merespon dinamika politik global dan regional, terutama di era Perang Dingin.

Baca Juga :  Bandul ayunan sesuai gambar bergerak dari A ke C. memerlukan waktu 1/40 detik.Periode ayunan ini adalah...detik?

Maka, bisa disimpulkan bahwa ZOPFAN merupakan perjanjian kerjasama antara negara-negara ASEAN dalam bidang politik dan keamanan. Tujuannya adalah untuk menjadikan ASEAN sebagai zona yang aman, bebas dari campur tangan asing, dan damai. Kerjasama ini dimaksudkan untuk mempromosikan stabilitas dan perdamaian regional, serta untuk memperkuat kerjasama antara negara-negara anggota ASEAN.

ZOPFAN mengedepankan prinsip-prinsip utama seperti kedaulatan nasional, non-intervensi dalam urusan domestik negara lain, penyelesaian perselisihan dengan cara damai, dan penolakan penggunaan kekuatan atau ancaman penggunaan kekuatan. Semua ini konsisten dengan Piagam PBB dan Piagam ASEAN, dan merupakan landasan kuat bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga :  Saat Melipat Kemeja, Terlebih Dahulu Melipat Bagian Sebelah: Mengapa dan Bagaimana Melakukannya?

Jadi, jawabannya apa? ZOPFAN merupakan perjanjian kerjasama negara ASEAN yang berfokus dalam bidang politik dan keamanan, dengan tujuan utama menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai zona yang damai, bebas, dan netral.

Leave a Comment