Zat-Zat Makanan Berikut Akan Diserap oleh Pembuluh-Pembuluh Darah Kapiler Dalam Vili/Jonjot Usus Halus Menuju ke Hati Melalui Vena Porta, Kecuali

Proses pencernaan makanan melibatkan sejumlah tahapan vital, mulai dari proses mekanik hingga proses kimiawi. Salah satu tahap penting dalam proses pencernaan adalah penyerapan zat-zat makanan oleh pembuluh darah kapiler dalam vili atau jonjot usus halus. Zat-zat tersebut kemudian ditransfer menuju hati melalui vena porta. Namun, ada beberapa zat makanan yang tidak ditransfer ke hati melalui rute ini.

Proses Pencernaan dan Penyerapan Nutrisi

Pertama, kita perlu memahami bagaimana proses pencernaan dan penyerapan nutrisi berlangsung di dalam tubuh kita. Bila kita mengonsumsi makanan, makanan tersebut diproses dan dipecah menjadi komponen yang lebih sederhana oleh enzim-enzim pencernaan. Komponen ini meliputi karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai jenis nutrisi lainnya. Proses penyerapan ini berlangsung di area khusus dengan permukaan yang miring, yaitu vili dan jonjot dari usus halus.

Baca Juga :  Sebuah Keping Bimetal Terbuat Dari Logam Kuningan dan Besi: Jika Angka Muai Panjang Kuningan Lebih Besar Daripada Besi, Maka Ketika Bimetal Dipanaskan Akan...?

Setelah ditransformasikan menjadi bentuk yang lebih sederhana, zat-zat makanan ini diserap oleh pembuluh darah kapiler di dalam vili. Pembuluh tersebut akan mengangkut zat makanan ke hati melalui vena porta. Fungsi hati dalam hal ini adalah untuk mendistribusikan zat-zat makanan ke seluruh tubuh.

Baca Juga :  Ciri-ciri alat trasnportasi modern antara lain adalah?

Zat-Zat Makanan yang Tidak Diserap oleh Vena Porta

Meski begitu, ada satu jenis nutrisi yang tidak diserap oleh vena porta dan tidak diangkut ke hati, yaitu lemak. Lemak diserap oleh pembuluh getah bening usus halus, atau yang juga dikenal sebagai pembuluh lakteal, dan diangkut langsung ke sistem peredaran darah melalui duktus torasikus. Penyerapan lemak ini berlangsung dalam bentuk kilomikron, sebuah bentuk khusus lipoprotein.

Baca Juga :  Kewenangan Jaksa Dalam Rangka Penegakan Hukum Adalah Untuk Melakukan

Kesimpulan

Dalam rangkuman, sebagian besar zat makanan yang kita konsumsi akan dipecah menjadi komponen yang lebih kecil oleh enzim-enzim pencernaan, diserap oleh pembuluh darah kapiler di dalam vili, dan diangkut ke hati melalui vena porta. Namun, lemak menjadi pengecualian dalam proses ini karena diserap oleh pembuluh getah bening dan diangkut langsung ke sistem peredaran darah. Pemahaman tentang proses ini penting dalam menganalisis bagaimana tubuh kita mencerna dan menyerap zat-zat makanan yang kita konsumsi.

Leave a Comment