Wawasan Nusantara sebagai Pedoman bagi Perwujudan Cita-Cita dan Mencapai Tujuan Nasional dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Mempunyai Fungsi Ke Dalam

Definisi Wawasan Nusantara

Sebelumnya, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara adalah konsep pemahaman tentang kesatuan seluruh wilayah yang ada di Indonesia, dimana daratan, laut dan udara dianggap satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Ini ada dalam rangka meningkatkan integritas bangsa dan menjaga kedaulatan negara.

Fungsi Wawasan Nusantara

Konsep Wawasan Nusantara memiliki berbagai fungsi dalam mewujudkan cita-cita dan mencapai tujuan nasional, diantaranya:

  1. Membangun Persatuan dan Kesatuan: Konsep ini berfungsi untuk menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bagi setiap warga negara Indonesia, tak peduli bagian mana dari Nusantara yang mereka tempati. Dengan adanya rasa persatuan ini, maka masyarakat bisa bersatu padu dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan.
  2. Mendorong Pembangunan: Wawasan Nusantara juga berperan dalam pembangunan nasional. Dengan meyakini bahwa setiap wilayah di Indonesia ini adalah satu kesatuan yang utuh, maka pemerintah dan masyarakat dapat sama-sama merancang dan melaksanakan pembangunan yang merata di seluruh wilayah Nusantara.
  3. Menjaga Kedaulatan: Dengan adanya Wawasan Nusantara, akan terbangun kesadaran bagi setiap warga negara untuk menjaga dan mempertahankan wilayah Indonesia dari ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar.
  4. Memperkuat Nilai-Nilai Budaya: Wawasan Nusantara juga berfungsi sebagai sarana memperkuat nilai-nilai budaya khas Nusantara dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Baca Juga :  Hewan yang Berkembang Biak dengan Cara Fragmentasi Adalah

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa Wawasan Nusantara memiliki peran yang sangat penting sebagai pedoman bagi perwujudan cita-cita dan pencapaian tujuan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengakui dan menghargai keragaman yang ada, mendorong persatuan dan kesatuan, serta menjaga kedaulatan, adalah beberapa peran penting yang diemban oleh Wawasan Nusantara. Setiap warga negara Indonesia memiliki tanggung jawab untuk memahami dan menerapkan Wawasan Nusantara dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment