Urutan Perjalanan Makanan Melalui Organ Pencernaan yang Benar Adalah

Sistem pencernaan manusia merupakan sistem yang kompleks dan mengagumkan, merubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi untuk mendukung kehidupan. Mari kita melihat urutan perjalanan makanan melalui sistem pencernaan.

1. Mulut

Perjalanan dimulai ketika makanan memasuki mulut. Proses pencernaan mekanis berupa pengunyahan makanan oleh gigi dan pengadukan oleh lidah terjadi di sini, selain itu ada juga proses pencernaan kimiawi oleh enzim-enzim yang terdapat dalam air liur.

Baca Juga :  Dalam gerakan senam lantai, ketika peserta didik melakukan posisi berdiri dengan satu kaki termasuk ke dalam pola gerak dasar?

2. Kerongkongan (Esophagus)

Setelah ditelan, makanan bergerak melewati kerongkongan, suatu rongga panjang yang menghubungkan mulut dengan lambung.

3. Lambung

Dalam lambung, makanan dicerna lebih lanjut oleh asam lambung dan enzim pencernaan. Proses pencernaan ini mengubah makanan menjadi semacam bubur yang disebut chyme.

4. Usus Halus

Chyme kemudian memasuki duodenum, bagian pertama usus halus. Di sini, pencernaan akan dilanjutkan oleh enzim yang dibuat oleh pankreas dan hati. Nutrisi dari makanan diserap melalui dinding usus halus ke dalam aliran darah.

Baca Juga :  Start yang Sering Digunakan dalam Perlombaan Lari Jarak Pendek

5. Usus Besar

Sisa makanan yang tidak dapat dicerna dan diserap kemudian melewati ileum, bagian terakhir dari usus halus, dan memasuki usus besar. Ada banyak bakteri dalam usus besar yang membantu dalam proses pencernaan lebih lanjut, dan juga dalam pembentukan dan penyimpanan tinja.

Baca Juga :  Analisis Eksplorasi Penyebab Masalah Motivasi Belajar Siswa Rendah

6. Rektum dan Anus

Tinja, hasil akhir dari proses pencernaan, disimpan dalam rektum dan akhirnya dikeluarkan dari tubuh melalui anus.

Setiap tahap ini berperan penting dalam mencerna makanan dan mengekstrak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan secara keseluruhan sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan kita, dan memahami perjalanan makanan melalui sistem ini dapat membantu kita menghargai betapa luar biasanya tubuh kita.

Leave a Comment