Untuk suite protokol TCP/IP, apa urutan peristiwa yang benar saat pesan Telnet sedang disiapkan untuk dikirim melalui jaringan?

Protokol Suite TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah serangkaian aturan komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet. Mengenai Telnet, Telnet adalah protokol yang memungkinkan kita meremotely akses mesin lain melalui internet. Berikut ini merupakan urutan peristiwa dalam mempersiapkan pesan Telnet untuk dikirim melalui TCP/IP:

  1. Pembuatan Sesi Telnet

    Sebelum pesan Telnet dapat dikirim, sesi Telnet harus dibuat. Ini melibatkan dua komputer (klien dan server) yang menyetujui koneksi dan mendefinisikan parameter seperti kecepatan transmisi dan ukuran data.

  2. Pengetikan dan Pengeditan Pesan

    Setelah sesi dibuat, pengguna dapat mulai mengetik pesan mereka. Pesan ini kemudian diedit dan diformat untuk pengiriman. Ini mungkin melibatkan pemecahan pesan menjadi bagian yang lebih kecil jika pesan tersebut terlalu besar untuk diirim sekaligus.

  3. Enkapsulasi Pesan

    Pesan yang telah diketik dan diedit kemudian menjadi data yang siap untuk dikirim. Pesan ini kemudian dikemas dalam sebuah paket oleh lapisan aplikasi dari suite protokol TCP/IP. Paket ini kemudian ditandai dan dilabeli dengan informasi seperti alamat tujuan, port tujuan, dan protokol yang digunakan, dalam hal ini, Telnet.

  4. Fragmentasi Paket

    Lapisan transportasi TCP/IP dapat memecah paket menjadi fragmen yang lebih kecil jika perlu. Hal ini biasanya diperlukan jika paket lebih besar dari ukuran maksimal paket yang diijinkan oleh media yang meneruskannya.

  5. Penambahan Header

    Untuk setiap fragmen, lapisan transportasi mengalokasikan sebuah TCP atau UDP header yang berisi informasi seperti nomor port asal dan tujuan, jumlah urutan, dan checksum. Lapisan jaringan juga menambahkan header IP yang berisi alamat IP sumber dan tujuan.

  6. Pengiriman Paket

    Akhirnya, paket siap untuk dikirim. Lapisan tautan data mengantal paket ke media jaringan.

Seluruh proses ini diatur oleh protokol yang berbeda dari suite protokol TCP/IP. Urutan dari proses ini memastikan bahwa data dikirim dan diterima dengan benar antara komputer yang terhubung dalam jaringan.

Baca Juga :  Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Leave a Comment