Tulang Berdasarkan Struktur Tulang dan Matriksnya Dibedakan Menjadi

Tulang adalah bagian penting dari sistem kerangka manusia yang berfungsi untuk mendukung struktur tubuh dan melindungi organ vital. Struktur dan matriks tulang memiliki peranan penting dalam menentukan jenis dan fungsi tulang.

Tulang Kompak (Cortical Bone)

Tulang kompak juga dikenal sebagai tulang padat atau tulang kortikal. Ini adalah jenis tulang yang keras dan padat. Tulang kompak membentuk lapisan luar tulang dan membantu mendukung berat badan serta melindungi organ internal. Lapisan kompak ini seringkali lebih tebal pada tulang yang sering menerima beban, seperti tulang paha dan tulang pinggul.

Baca Juga :  Kegiatan Jasmani yang Berbentuk Gerak Lari Melalui Rintangan Disebut

Matriks tulang kompak tersusun dari osteon atau Haversian, unit struktural yang berbentuk silinder. Setiap osteon terdiri dari pembuluh darah pusat, pembuluh saraf, dan saluran limfatik, yang dikelilingi oleh cincin konsentris matriks tulang, yang disebut lamela.

Tulang Spons (Spongy Bone)

Tulang spons atau tulang trabekular adalah jenis tulang yang memiliki struktur seperti sarang lebah dan lebih ringan dibandingkan tulang kompak. Tulang jenis ini biasanya terdapat dalam bagian dalam tulang, seperti endosteum dan di dalam rongga medular tulang panjang.

Baca Juga :  Dalam masa praaksara (prasejarah) indonesia, corak kehidupan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dibagi menjadi dua masa, yaitu

Matriks tulang spons terdiri dari trabekulae, jaringan tulang yang terbentuk seperti web yang menciptakan ruang kosong di antara jaringan. Ini memberikan struktur tulang spons penampilan berpori atau berlubang. Di dalam ruang trabekulae ini, terdapat sumsum tulang, yaitu tempat di mana sel darah merah diproduksi.

Baca Juga :  Jenis Daftar Riwayat Hidup yang Sering Dipakai oleh Kebanyakan Orang

Kesimpulan

Struktur tulang dan matriksnya adalah faktor penting yang menentukan jenis tulang. Dengan memahami perbedaan antara tulang kompak dan tulang spons, kita dapat lebih menghargai bagaimana tulang bekerja untuk mendukung dan melindungi tubuh kita. Selain itu, pemahaman ini juga penting dalam bidang medis, seperti dalam memahami dan mengobati kondisi yang mempengaruhi tulang seperti osteoporosis.

Leave a Comment