Tujuan Wawasan Nusantara Sebagai Sarana Memahami Indonesia

Indonesia, dengan rentang wilayah yang luas dan keanekaragaman budaya yang tinggi, memiliki tantangan unik dalam pemahaman dan pengelolaannya. Dalam rangka ini, Indonesia memandang pentingnya pemahaman Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara adalah cara pandang atau pola pikir tentang hakekat dan jati diri Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan dengan jumlah pulau yang banyak. Saat ini, apa sebenarnya tujuan Wawasan Nusantara sebagai sarana memahami Indonesia?

Konsep Wawasan Nusantara

Untuk memahami tujuannya, kita harus memahami konsep dasar dari Wawasan Nusantara itu sendiri. Wawasan Nusantara adalah sebuah konsep geostrategis dan geopolitik yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, baik daratan, perairan, dan ruang udara di atasnya, serta pandangan terhadap sejarah, budaya, dan masa depan negara kepulauan ini.

Baca Juga :  Dahuludikota A masih banyak terdapat sumur dengan persediaan air yang cukup, tapi sekarang sumur-sumur tersebut menjadi kering. Hal tersebut disebabkan banyaknya hutan di sekitarnya yang ditebangi.Hubungan antara keringnya sumur dengan penebangan hutan adalah?

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan dari Wawasan Nusantara sejatinya adalah untuk memahami, menjaga, dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia. Berikut adalah beberapa tujuan lainnya:

  1. Pemahaman geografis: Wawasan Nusantara memberikan pemahaman tentang luas dan keragaman geografis negara ini serta mengajak setiap warga negara untuk mengakui dan menghargai keragaman ini.
  2. Ikatan nasional: Wawasan Nusantara bertujuan untuk membangun ikatan dan persatuan di antara seluruh warga negara, terlepas dari latar belakang budaya, sosial, atau geografis mereka.
  3. Pertahanan dan keamanan: Dengan pemahaman yang baik tentang Wawasan Nusantara, Indonesia dapat mempertahankan dan melindungi kedaulatan dan integritas wilayah negaranya.
  4. Pemanfaatan sumber daya: Wawasan Nusantara bertujuan untuk memanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan sumber daya alam yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.
Baca Juga :  Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas Adventif: Apakah Itu?

Penerapan Wawasan Nusantara

Bahkan dalam implementasinya, pemahaman Wawasan Nusantara telah digunakan untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan di seluruh belantara Nusantara. Misalnya, dalam pembuatan peraturan, kebijakan publik, hingga dalam pembelajaran di sekolah.

Jadi, setelah mengetahui konsep dan tujuan dari Wawasan Nusantara, dapat dilihat bahwa tujuan utama dari Wawasan Nusantara adalah memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Indonesia, memfasilitasi ikatan nasional, mempromosikan pertahanan dan keamanan, serta membantu dalam pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan.

Baca Juga :  Koko Membeli Handphone di Toko Celluler: Untuk Menjamin Kualitas Barang Tersebut, Pihak Toko Memberikan Garansi selama Setahun. Hal ini termasuk Khiyar

Jadi, jawabannya apa?

Fungsi dari Wawasan Nusantara adalah menjembatani pemahaman yang mendalam tentang Indonesia, tidak hanya tentang keberagaman geografis dan budaya, tetapi juga tentang potensi dan tantangan yang ada dalam membangun dan mempertahankan negara ini. Ini merupakan wawasan yang unik dan penting untuk memahami Indonesia. Tentunya, pemahaman ini sangat diperlukan bagi setiap warga Indonesia untuk membantu dalam menjaga dan memajukan bangsa ini.

Leave a Comment