Suatu Bahan Makanan Ketika Diuji dengan Biuret Memunculkan Warna Ungu, Ketika Diuji dengan Lugol Tidak Terjadi Perubahan Warna; Apa Penjelasannya?

Sebuah penelitian dalam bidang biologi dan kimia sering melibatkan pengetesan bahan makanan untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam hal ini, kita akan membahas perubahan warna suatu bahan makanan ketika diuji dengan larutan Biuret dan Lugol.

Pertama mari kita bahas uji dengan larutan Biuret. Larutan Biuret merupakan larutan yang umum digunakan untuk uji adanya protein. Jika suatu bahan digerakkan dalam larutan Biuret dan memberikan reaksi berubah menjadi warna ungu, ini menandakan adanya protein. Mekanisme di balik perubahan ini adalah adanya ikatan peptida pada protein yang bereaksi dengan ion Cu^2+ dalam larutan Biuret, yang kemudian berubah menjadi warna ungu.

Baca Juga :  nilai angka 7 pada bilangan 6678 adalah?

Sangat mungkin bahwa bahan makanan yang di uji di sini mengandung protein, yang direaksikan oleh Biuret dan menghasilkan warna ungu.

Baca Juga :  Semua tanah dianggap milik negara. Maka, petani harus membayar pajak sebagai uang sewa. Pernyataan tersebut merupakan kebijakan Raflles pada masa pemerintahan kolonial Inggris yang dikenal?

Selanjutnya, pada uji dengan Lugol atau larutan Iodin. Lugol adalah larutan yodium dalam air yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan pati atau karbohidrat kompleks. Jika pati hadir, percampuran dengan Lugol akan berubah menjadi warna biru-hitam.

Namun, dalam kasus bahan makanan ini, tidak terjadi perubahan warna ketika di uji dengan Lugol, yang menunjukkan bahwa bahan makanan tersebut kemungkinan tidak mengandung pati.

Baca Juga :  Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Nilai-Nilai Budaya di Indonesia Yaitu ...

Jadi, berdasarkan pengujian menggunakan Biuret dan Lugol, kita dapat menyimpulkan bahwa bahan makanan tersebut mengandung protein tetapi tidak ada pati. Uji ini menunjukkan perlunya melakukan serangkaian tes untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang komposisi nutrisi dalam suatu bahan makanan. Sehingga, konsumen dapat membuat pilihan makanan yang lebih berinformasi dan sehat.

Leave a Comment