Struktur Teks Eksplanasi Terdiri Atas Pernyataan Umum, Deretan Penjelas, dan Kesimpulan: Adapun Deret Penjelas Berisi Tentang

Menulis teks eksplanasi bisa menjadi tantangan jika Anda tidak sepenuhnya memahami struktur dasarnya. Teks eksplanasi adalah jenis tulisan yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Dalam penulisan teks eksplanasi, terdapat struktur khusus yang sering digunakan untuk membuat penjelasan yang efektif dan mudah dimengerti. Struktur tersebut terdiri dari tiga bagian utama: pernyataan umum, deretan penjelas, dan kesimpulan. Bagian ‘deret penjelas’ secara khusus berlaku untuk memberikan informasi lebih rinci dan mendalam tentang subjek yang dibahas.

Baca Juga :  Tumbuhan Paku dan Lumut merupakan contoh Tumbuhan Tidak Berbiji. Tumbuhan tersebut berkembang biak dengan cara - ?

Pernyataan Umum

Bagian pertama dari teks eksplanasi adalah pernyataan umum. Pada bagian ini, penulis memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas. Ini harus mencakup informasi dasar tentang subjek dan secara singkat menguraikan apa yang akan dibahas dalam teks. Pernyataan umum ini seharusnya menjelaskan pertanyaan “Apa?” tentang subjek.

Deretan Penjelas

Bagian kedua dari teks eksplanasi adalah deretan penjelas. Ini adalah bagian inti dari teks eksplanasi, di mana penulis memberikan penjelasan rinci dan mendalam tentang subjek. Deretan penjelas ini sering ditulis dalam urutan logis, dimulai dari titik awal dan berakhir pada titik akhir.

Baca Juga :  Berikutini merupakan polutan bagi ekosistem air,kecuali?

Deret penjelas berisi tentang proses, alasannya, dan bagaimana subjek bekerja atau terjadi. Penjelasan tersebut harus menjelaskan pertanyaan “Bagaimana?” dan “Mengapa?” tentang subjek. Misalnya, jika Anda menulis tentang proses fotosintesis, deretan penjelasan Anda harus menguraikan bagaimana proses tersebut terjadi dan mengapa terjadi.

Kesimpulan

Bagian terakhir dari teks eksplanasi adalah kesimpulan. Pada bagian ini, penulis merangkum semua poin yang telah dibahas dalam deretan penjelasan. Kesimpulan ini memberikan penutup yang memuaskan untuk teks dan seringkali berisi pernyataan yang membantu pembaca memahami arti penting subjek.

Baca Juga :  If I had enough money, I ... the world?

Sekarang bahwa Anda telah memahami struktur dasar teks eksplanasi, Anda dapat mulai menulis teks eksplanasi sendiri dengan lebih percaya diri. Ingatlah bahwa kejelasan dan organisasi adalah kunci untuk teks eksplanasi yang efektif.

Leave a Comment