Setiap Warga Negara memiliki peran serta membeli dan mempertahankan kedaulatan Negara Indonesia atas serangan musuh merupakan contoh … Warga Negara.

Konsekuensi sebagai warga negara tidak hanya didasarkan pada hak-hak yang dapat dinikmati, tetapi lebih dari itu, Warga Negara juga memiliki kewajiban terhadap negara, salah satunya adalah mempertahankan kedaulatan Indonesia dari serangan musuh. Peranan ini bukan hanya dijalankan oleh institusi militer atau kepolisian saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab setiap warga negara. Berikut ini merupakan penjelasannya:

Pengertian Kedaulatan Negara dalam Konteks Indonesia

Kedaulatan negara merupakan hak tuan rumah sebuah negara yang meliputi wewenang, kekuasaan, dan kemampuan dalam mengambil keputusan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Pada konteks Indonesia, kedaulatan negara mencakup seluruh aspek pemerintahan, baik eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. Selain itu, kedaulatan Indonesia juga mencakup pengelolaan sumber daya alam dan wilayah perairan.

Baca Juga :  Arah Gerak Lengan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Tangkisan dalam Ke

Peran Warga Negara dalam Mempertahankan Kedaulatan Negara

Setiap warga negara Indonesia memiliki peran serta kewajiban dalam mempertahankan kedaulatan negara. Ini merupakan manifestasi dari pembukaan UUD 1945, yakni “…kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum…”

Baca Juga :  Keadilan sebagai Kebajikan Moral bagi Administrator Pemerintahan

Perlu diingat bahwa pertahanan negara bukan hanya sebatas menjaga teritorial atau wilayah Indonesia saja. Lebih dari itu, kedaulatan negara mencakup upaya untuk menjaga dan melindungi nilai-nilai dasar bangsa Indonesia, seperti Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pertahanan tersebut bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya, aktif dalam berorganisasi dan menjalankan fungsi pengawasan masyarakat, aktif dalam menjalankan hak politik dan memperhatikan kebijakan negara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Baca Juga :  Tuliskan Nama-Nama Negara yang Berbatasan Wilayah Daratannya dengan Indonesia

Kesimpulan

Peran serta, membeli, dan mempertahankan kedaulatan Negara Indonesia adalah salah satu contoh dari kewajiban sebagai warga negara. Tidak hanya soal militer, tetapi setiap individu memiliki peran masing-masing dalam menjaga kedaulatan negara, termasuk melalui perilaku sehari-hari yang menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia.

Leave a Comment