Serangkaian Kriteria Indikator yang Menunjukkan Proses Peserta Didik untuk Mencapai Kompetensi pada Tujuan Pembelajaran Dikenal dengan Istilah?

Dalam dunia pendidikan, serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses peserta didik untuk mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran dikenal dengan istilah Outcome-Based Education (OBE) atau Pendidikan Berbasis Keluaran. Konsep ini mengadaptasi prinsip efisiensi dan efektivitas yang umum di dunia industri dan bisnis, dan implementasinya diharapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Mengapa penting Mengenal Outcome-Based Education (OBE)?

OBE adalah suatu pendekatan pendidikan yang menekankan pada pencapaian hasil belajar atau kompetensi yang telah ditetapkan sebagai tujuan belajar. Dalam model ini, hasil belajar peserta didik menjadi tolak ukur keberhasilan proses pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan berbasis keluaran sangat berorientasi pada kompetensi yang harus dicapai peserta didik, baik itu kompetensi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.

Baca Juga :  “Dodo suka membantu semut yang sedang kelaparan”Karakter Dodo pada penggalan cerita tersebut adalah?

Bagaimana Cara Kerja Outcome-Based Education (OBE)?

Dasar dari OBE adalah ‘apa yang diharapkan peserta didik bisa kerjakan setelah suatu proses belajar’. Dalam hal ini, program pendidikan dirancang berdasarkan hasil yang diharapkan, mulai dari kurikulum, metode pengajaran, bahan belajar, sampai pada penilaian, semuanya dirancang untuk membantu peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Contoh Indikator dalam Outcome-Based Education (OBE)?

Setiap tujuan pembelajaran dalam OBE dijabarkan menjadi serangkaian kriteria indikator yang dapat diukur dan dievaluasi. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah “Peserta didik dapat menerapkan teori hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari”, maka indikatornya bisa berupa “peserta didik menunjukkan pemahaman yang jelas tentang hukum gerak Newton”, “peserta didik dapat mengaitkan hukum Newton dengan fenomena-fenomena fisik sehari-hari”, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Berikut merupakan jenis-jenis rempah yang diperdagangkan pada perdagangan internasional adalah?

Bagaimana Outcome-Based Education (OBE) Meningkatkan Mutu Pendidikan?

Dengan fokus pada hasil atau kompetensi yang diharapkan, OBE meningkatkan mutu pendidikan karena:

  1. Proses belajar menjadi lebih fokus dan terarah.
  2. Hasil belajar lebih mudah diukur dan dievaluasi.
  3. Pendidikan menjadi lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri.
Baca Juga :  Selamat datang di aplikasi asisten saya, dan terima kasih telah memberikan informasi tentang tugas Anda. Namun, sepertinya Anda kurang jelas dalam memberikan rincian spesifik. Saya memerlukan beberapa detail tambahan untuk dapat memberikan bantuan yang paling akurat:

Dengan kata lain, Outcome-Based Education membantu proses pendidikan untuk menjadi lebih efektif dan efisien. Setiap tahapan dalam proses pendidikan diperiksa dan dipertimbangkan sejauh mana kontribusinya terhadap pencapaian kompetensi peserta didik. Dengan pendekatan ini, pendidikan tidak hanya berfokus pada proses belajar mengajar di dalam kelas, tetapi juga pada apa yang dapat dicapai peserta didik setelah menyelesaikan proses belajar tersebut.

Leave a Comment