Selain Makhluk Sosial, Manusia Juga Merupakan Makhluk Ekonomi: Adapun Tujuan yang Ingin Dicapai oleh Makhluk Ekonomi Adalah

Salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia adalah keterkaitannya dengan dunia ekonomi. Konsep manusia sebagai makhluk ekonomi tidak bertentangan dengan pandangan umum manusia sebagai makhluk sosial; sebaliknya, keduanya saling mendukung dan berinteraksi dalam membangun kehidupan manusia sesuai apapun latar belakang dan perannya di masyarakat.

Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Manusia sebagai makhluk ekonomi merujuk pada fakta bahwa manusia secara konstan berinteraksi dengan lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap aktivitas manusia, dari makan, berpakaian, bekerja, hingga rekreasi, memiliki prinsip ekonomi yang mendasarinya. Manusia mencari sumber daya, memproduksi barang dan jasa, mendistribusikan hasil produksi, dan akhirnya konsumsi. Ini adalah siklus ekonomi dasar yang terjadi secara berulang dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Berikut urutan nada dari yang tinggi ke yang rendah adalah

Tujuan Makhluk Ekonomi

Sebagai makhluk ekonomi, manusia memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini terkait erat dengan pemenuhan kebutuhan hidup dan peningkatan kualitas hidup. Berikut beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh manusia sebagai makhluk ekonomi:

  1. Pemenuhan Kebutuhan: Ini adalah tujuan dasar ekonomi. Manusia bekerja dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti makan, pakaian, dan tempat tinggal. Selain kebutuhan fisik, manusia juga berusaha memenuhi kebutuhan non-fisiknya seperti pendidikan, hiburan, dan interaksi sosial.
  2. Peningkatan Kualitas Hidup: Setelah memenuhi kebutuhan dasar, manusia berusaha untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Ini mencakup peningkatan kesejahteraan material seperti memperoleh penghasilan lebih, membeli barang-barang mewah, atau mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dan juga peningkatan kesejahteraan non-material seperti kesenangan, kebahagiaan, dan kepuasan hidup.
  3. Penciptaan Nilai Tambahan: Manusia sebagai makhluk ekonomi berusaha menciptakan nilai tambahan melalui pekerjaan dan aktivitasnya. Nilai tambahan ini bisa berupa produk atau jasa baru, peningkatan efisiensi, atau inovasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat.
  4. Pembangunan Berkelanjutan: Dalam konteks modern, manusia sebagai makhluk ekonomi juga berupaya mencapai pembangunan berkelanjutan. Ini mencakup upaya untuk meminimalkan dampak negatif ekonomi terhadap lingkungan, mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan, dan memastikan bahwa sumber daya alam tetap tersedia untuk generasi mendatang.
Baca Juga :  Peraturan Hukum yang Mengatur tentang Hubungan-Hukuman yang Dapat Dinilai dengan Uang Disebut Hukum Apa?

Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi selalu berusaha menghadapi tantangan dan mencapai tujuan-tujuannya. Melalui pemenuhan kebutuhan, peningkatan kualitas hidup, penciptaan nilai tambahan, dan upaya pembangunan berkelanjutan, manusia dapat mengoptimalkan perannya sebagai makhluk ekonomi di dunia.

Leave a Comment