Secara Sederhana Komunikasi Dikatakan Efektif Apabila Pesan yang Disampaikan oleh Pengirim Sama Maknanya dengan Pesan yang Ditangkap dan Dipahami oleh Penerima. Diagram yang Menunjukkan Komunikasi Efektif adalah…

Komunikasi efektif merupakan salah satu kunci untuk mencapai tujuan dalam berbagai aspek kehidupan. Memastikan bahwa pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat ditangkap dan dipahami oleh penerima dengan tepat, adalah suatu hal yang penting untuk diupayakan. Seiring dengan berjalannya waktu, para ahli telah mengembangkan berbagai model dan teori komunikasi untuk menggambarkan proses komunikasi yang efektif.

Salah satu diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah model komunikasi yang dikembangkan oleh Claude Shannon dan Warren Weaver pada tahun 1949, yang dikenal sebagai model komunikasi Shannon-Weaver. Model ini menjelaskan komunikasi sebagai proses berikut:

  1. Pengirim: orang, kelompok, atau organisasi yang ingin menyampaikan pesan.
  2. Pesan: informasi atau ide yang ingin disampaikan oleh pengirim.
  3. Enkode: proses pengubahan ide atau informasi menjadi simbol atau kode yang dapat dimengerti oleh penerima.
  4. Saluran: medium atau alat yang digunakan untuk mengirim pesan dari pengirim ke penerima, seperti suara, teks, gambar, dan lain-lain.
  5. Dekode: proses penerima dalam menguraikan kode atau simbol yang diterima agar dapat memahami pesan yang disampaikan oleh pengirim.
  6. Penerima: orang, kelompok, atau organisasi yang ditujukan untuk menerima pesan dari pengirim.
  7. Umpan balik: tanggapan dari penerima setelah memahami pesan yang disampaikan oleh pengirim, yang kemudian dikembalikan kepada pengirim sebagai konfirmasi bahwa pesan telah disampaikan dan dipahami dengan benar.
Baca Juga :  Apakah Tantangan Terbesar dalam Mengekspresikan Pendapat Khususnya bagi Anak Muda Indonesia?

Model Shannon-Weaver ini dapat menggambarkan komunikasi efektif dengan jelas, karena menunjukkan bagaimana pesan harus disampaikan dari pengirim ke penerima dan bagaimana umpan balik dari penerima akan membantu memastikan bahwa pesan dipahami dengan baik.

Baca Juga :  Berikan Contoh Pedoman dalam Berperilaku Kerja Keras

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem komunikasi, model Shannon-Weaver dirasa kurang lengkap. Oleh karena itu, banyak model komunikasi lain yang juga menunjukkan komunikasi efektif, seperti model komunikasi Schramm dan Berlo. Model-model ini memperkaya pemahaman kita tentang komunikasi efektif dengan mengeksplorasi aspek-aspek yang lebih kompleks dari proses komunikasi, seperti konteks, budaya, dan hambatan komunikasi.

Baca Juga :  Bagaimana Sikap Nabi Yusuf Ketika Saudara-Saudaranya Dan Ayahnya Datang Ke Istana

Jadi, jawabannya apa? Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah model Shannon-Weaver, namun perlu dicatat bahwa ada banyak model komunikasi lain yang juga dapat menggambarkan proses komunikasi yang efektif.

Leave a Comment