Sebuah Tahapan yang Mempelajari Fenomena Secara Seksama dengan Mencatat Kejadian tersebut sampai ke Hal-hal yang Sangat Rinci adalah Tahapan … dalam …

Pada setiap bidang pengetahuan atau penelitian, kegiatan melakukan pengamatan secara detail dan seksama terhadap fenomena atau subjek adalah sebuah tahapan yang esensial. Hal ini dibutuhkan untuk menciptakan gambaran yang valid dan representatif atas fenomena tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tahapan tersebut dalam konteks penelitian kualitatif.

Observasi dalam Penelitian Kualitatif

Tahapan tersebut dikenal sebagai tahapan observasi dalam penelitian kualitatif. Observasi adalah proses aktif, selektif dan terkendali dalam mengumpulkan data dari situasi alami. Observasi digunakan sebagai metode untuk mempelajari perilaku individu atau kelompok dalam cara yang kuat serta menyeluruh. Observasi memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman lebih dalam tentang fenomena yang sedang diteliti dengan menyediakan kontekstual dan nuansa yang kaya dalam data.

Baca Juga :  Mengapa PPKI Dibentuk Sesaat Setelah BPUPKI Dibubarkan oleh Jepang pada Tanggal 7 Agustus 1945?

Proses Observasi

Observasi dalam penelitian kualitatif melibatkan tahapan-tahapan yang diterapkan untuk memastikan validitas dan reliabilitas data. Beberapa tahapan tersebut antara lain:

  1. Perencanaan Observasi: Tahap ini melibatkan identifikasi tujuan, pemilihan lokasi, subjek, dan penentuan waktu observasi.
  2. Pelaksanaan Observasi: Pada tahap ini, peneliti menjalankan observasi dengan mencatat kejadian secara detail dan seksama.
  3. Pencatatan Hasil Observasi: Peneliti mencatat hasil observasi sesuai yang telah dilakukan, mencakup deskripsi lengkap tentang konteks observasi, interaksi, reaksi, dan berbagai hal penting lainnya.
  4. Analisis Data Observasi: Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk dapat memahami makna dan implikasi dari fenomena yang diamati.
Baca Juga :  What it this?

Dalam penelitian kualitatif, setiap rincian, tidak peduli seberapa kecil, dapat menjadi sangat penting. Maka dari itu, kegiatan mencatat setiap kejadian dalam observasi menjadi bagian yang sangat vital.

Baca Juga :  Ilmuwan yang Pertama Kali Menemukan Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Percobaan Adalah

Kesimpulan

Dengan memahami fungsi dan tahapan observasi dalam penelitian kualitatif, peneliti dapat lebih efektif dalam mengumpulkan informasi yang penting dan relevan. Melalui proses observasi, peneliti mempelajari fenomena secara langsung dan seksama, mencatat hingga ke detail paling kecil sehingga dapat memahami dan menginterpretasikan fenomena tersebut secara lebih baik.

Leave a Comment