Sebuah Kolam Renang Berbentuk Lingkaran Memiliki Diameter 40 M, Kolam Tersebut Dikelilingi Jalan Setapak Selebar 1 M, Luas Jalan Setapak Itu Adalah?

Sebuah kolam renang berbentuk lingkaran dengan diameter 40 meter memberikan pandangan yang cukup mengesankan. Namun, apa yang membuatnya lebih menarik adalah jalan setapak yang mengelilinginya. Jalan setapak ini memiliki lebar 1 meter dan mengelilingi seluruh kolam. Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, berapakah luas jalan setapak ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu sedikit pengetahuan matematika.

Baca Juga :  Tempat hidup ikan adalah?

Perhitungan luas jalan setapak pada dasarnya adalah perhitungan luas lingkaran. Pertama-tama, kita perlu mencari tahu radius kolam renang dan jalan setapak. Kita tahu bahwa diameter kolam renang adalah 40 meter, jadi radiusnya adalah setengah dari itu, yaitu 20 meter. Menambahkan lebar jalan setapak, yang adalah 1 meter, radius total menjadi 21 meter.

Baca Juga :  Berikut ini yang bukan termasuk hambatan dari dalam diri sendiri (nivarana) adalah

Sekarang kita punya apa yang kita butuhkan untuk menghitung luas jalan setapak. Kita tahu rumus luas lingkaran adalah πr^2. Jadi, luas keseluruhan, termasuk kolam renang dan jalan setapak, adalah π * (21)^2-meter persegi. Untuk mencari luas jalan setapak saja, kita perlu mengurangi luas total dengan luas kolam renang, yaitu π * (40/2)^2.

Baca Juga :  Gaya Lompat Jauh: Gaya Menggantung, Disebut Juga dengan...

Setelah melakukan perhitungan, kita akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini. Ini adalah cara efektif dan matematis untuk menentukan luas jalan setapak yang mengelilingi kolam renang berbentuk lingkaran dengan diameter 40 meter.

Leave a Comment