Sebuah Bejana Berbentuk Silinder Berisi 1/3 nya. Jika Ditambah Dengan 3 Liter Lagi, Bejana Ini Berisi ½ nya. Berapa Liter Isi Bejana Tersebut?

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menemui berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kalkulasi dasar matematika. Salah satu contohnya adalah memahami kapasitas sebuah bejana dalam bentuk liter. Pada artikel ini, kita akan mencoba untuk menjelaskan dan memecahkan masalah yang dimaksud dalam pertanyaan tersebut.

Permasalahan

Tema utama yang diberikan adalah seputar sebuah bejana silinder yang diisi hingga 1/3 dari kapasitasnya. Dalam situasi tersebut, kita menambahkan 3 liter lagi, sehingga bejana tersebut berisi setengah atau 1/2 dari total kapasitasnya. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, berapa liter sebenarnya kapasitas bejana tersebut?

Baca Juga :  Pertanian yang Dilakukan dengan Menebang dan Membakar Hutan Setelah itu Dilakukan Penanaman Disebut?

Pemecahan Masalah

Untuk menguraikan masalah ini, pertama, kita mungkin akan menemukan bahwa jumlah liter yang ditambahkan (3 liter) ini merepresentasikan peningkatan dari 1/3 hingga 1/2 kapasitas total bejana tersebut. Jika kita menggambarkan peningkatan ini dalam bentuk pecahan, maka peningkatannya adalah sebesar 1/2 – 1/3, atau jika disederhanakan menjadi 1/6 dari total kapasitas bejana tersebut.

Baca Juga :  Watake tembang pocung?

Maka, kita dapat membuat persamaan berikut: 1/6 kapasitas total bejana (X) = 3 liter. Jadi, kita dapat mencari nilai X (kapasitas total bejana) dengan membagi 3 liter dengan 1/6 atau biasa dikenal dengan cara membalik pecahan tersebut menjadi 6/1.

Secara matematis, kita dapat mencari nilai X sebagai berikut:

X = 3 liter ÷ 1/6 = 3 liter × 6/1 = 18 liter.

Baca Juga :  Gambar tersebut adalah logo dari?

Kesimpulan

Berdasarkan pemecahan masalah di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa total kapasitas bejana berbentuk silinder tersebut adalah 18 liter.

Dengan memahami dasar-dasar matematika dan menerapkannya dalam permasalahan nyata seperti ini, kita dapat menyelesaikan berbagai macam masalah serupa dengan lebih mudah dan cepat. Semoga penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari ini dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat.

Leave a Comment