Saya memberikan sepertujuh dari uang saya pada si A dan tiga kali sebanyak itu pada si B. Sisa uang saya sekarang Rp. 900,-. Jadi, uang saya semula adalah?

Memahami kalkulasi matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah pelajaran yang penting untuk dipahami. Kali ini, kita dapat mempelajari lebih tentang hal ini dengan mengeksplorasi sebuah pertanyaan tentang pembagian uang. Pertanyaan tersebut bisa dijadikan sebagai contoh untuk memahami konsep matematika dalam pencatatan keuangan pribadi atau pengelolaan uang.

Dalam skenario ini, temukan berapa jumlah uang yang dimiliki semula bila setelah memberikan sebagian pada dua orang, kita mempertahankan Rp. 900,-.

Baca Juga :  Tugas dan Wewenang Pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah

Untuk memecahkan ini, kita mulai dengan pemahaman bahwa uang yang diberikan pada A adalah sepertujuh dari total uang saya. Untuk Si A, kita katakan ini adalah 1/7x (karena sepertujuh). Selanjutnya, kita mengetahui bahwa uang yang diberikan kepada Si B adalah tiga kali lipat dari yang diberikan kepada Si A. Jadi, ini akan menjadi 3 * (1/7x), atau 3/7x.

Dengan demikian, total uang yang telah saya berikan adalah 1/7x + 3/7x. Ini tentu saja akan menjadi 4/7x.

Sekarang, kita tahu bahwa sisa uang saya adalah Rp. 900,-. Mengingat bahwa total uang saya terdiri dari uang yang saya berikan ditambah dengan sisa uang saya, ini berarti 4/7x + Rp. 900,- adalah sama dengan total uang saya, atau x.

Kita sekarang hanya perlu menyelesaikan persamaan matematika ini untuk menemukan x, atau dengan kata lain, uang saya semula.

Baca Juga :  Mengoreksi Perkiraan Perkiraan yang Ada sehingga Mencerminkan Keadaan Aktiva

x - 4/7x = Rp 900x(1 - 4/7) = Rp 900x(3/7) = Rp 900

Maka,

Baca Juga :  Besi yang terkena udara terbuka akan cepat mengalami?

x = Rp 900 / (3/7)x = Rp 2,100.

Jadi, uang saya semula adalah Rp. 2,100.

Pembelajaran ini membantu kita memahami bagaimana menerapkan konsep proporsi dan pecahan ke dalam kehidupan sehari-hari kita, khususnya dalam pengelolaan uang. Sangat penting untuk memahami matematika ini untuk membantu menjaga keuangan pribadi kita seimbang dan sehat.

Leave a Comment