Revolusi Kebudayaan yang Terjadi pada Zaman Neolitikum di Indonesia

Revolusi kebudayaan yang terjadi pada zaman Neolitikum di Indonesia merupakan tahap penting dalam sejarah prasejarah manusia di wilayah Nusantara. Zaman Neolitikum, atau Zaman Batu Muda, adalah periode di mana manusia mulai beralih dari gaya hidup berburu dan mengumpulkan dengan mengandalkan alat batu yang sederhana menjadi masyarakat agraris yang mengandalkan pertanian dengan alat-alat yang lebih canggih.

Perubahan Teknologi

Salah satu perubahan paling signifikan pada zaman Neolitikum ini adalah penggunaan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan zaman sebelumnya. Manusia mulai mengembangkan alat-alat batu seperti parang, kapak, pisau, dan alat-alat pertanian lain yang lebih tajam dan lebih efisien.

Baca Juga :  Data ekspor dan impor dirilis oleh kepala BPS pada setiap awal bulan?

Perubahan Gaya Hidup

Perubahan teknologi ini membawa dampak besar terhadap gaya hidup masyarakat. Ketika masyarakat sudah mampu mengolah bahan pangan dari alam seperti tanaman dan hewan hasil domestikasi, kebutuhan akan perburuan dan pengumpulan mulai berkurang. Perubahan ini memungkinkan peningkatan populasi manusia di wilayah Indonesia.

Masyarakat Agraris

Dengan bercocok tanam dan praktik pertanian yang efisien, masyarakat Neolitikum di Indonesia menjadi masyarakat agraris yang mampu menghasilkan pangan berlebih. Sistem pertanian yang baik ini menciptakan kelompok masyarakat yang lebih stabil sehingga memungkinkan manusia untuk berinteraksi dan membentuk keterikatan sosial yang lebih erat.

Baca Juga :  Peserta Didik Mengamati dan Membangdingkan Panjang Bayangan Pohon di Waktu yang Berbeda Termasuk ke dalam Strategi Pembelajaran Numerasi di Alam: Pernyataan Di Atas Adalah.....

Seni dan Budaya

Akibat keterlibatan dalam kegiatan produktif dan kehidupan sosial yang lebih kompleks, masyarakat Neolitikum meningkatkan kemampuannya dalam bidang seni dan budaya. Seni yang paling umum ditemukan dalam situs-situs zaman Neolitikum di Indonesia adalah teknik megalitikum atau pembangunan struktur batuan yang memiliki ukuran dan bentuk yang fantastis. Selain itu, peninggalan seni pahat, ukiran, dan cindera mata pada kapak dan alat batu lainnya juga menjadi bukti kemajuan teknologi dan kebudayaan pada zaman Neolitikum di Indonesia.

Baca Juga :  Berikut Ini termasuk fungsi rangka, kecuali

Kesimpulan

Revolusi kebudayaan yang terjadi pada zaman Neolitikum di Indonesia sangat signifikan karena membawa perubahan besar bagi masyarakat Indonesia, baik dalam bidang teknologi, ekonomi, maupun sosial budaya. Perubahan ini mendorong tatanan masyarakat yang lebih kompleks, menciptakan stabilitas populasi, serta mendorong perkembangan di bidang seni dan budaya. Dalam intinya, zaman Neolitikum di Indonesia melahirkan dasar bagi kehidupan manusia modern dan menjadi pondasi bagi peradaban manusia di Nusantara.

Leave a Comment