Respon Masyarakat Terhadap Globalisasi Ada Yang Menerima Namun Ada Juga Kalangan Masyarakat Yang Menolak: Bagi Masyarakat Yang Menerima Globalisasi Akan Menumbuhkan

Globalisasi merupakan fenomena yang besar yang turut berpengaruh terhadap hidup manusia. Ia bukanlah ancaman, tetapi sebuah kesempatan untuk maju dan berkembang. Namun, di sisi lain, ada kalangan masyarakat yang melihat globalisasi sebagai ancaman bagi keberlanjutan budaya dan ekonomi lokal. Diantara kedua sisi ini, kita sebaiknya berdiskusi tentang respon masyarakat terhadap globalisasi. Sebagian menerima, namun tidak sedikit juga yang menolak. Bagaimanakah globalisasi dapat mempengaruhi masyarakat yang menerimanya dan apa yang akan ditumbuhkan oleh globalisasi ini?

Pertama, kita harus memahami bahwa masyarakat yang menerima globalisasi melihatnya sebagai kesempatan untuk maju. Alasan inilah yang membuat mereka membuka diri terhadap arus globalisasi. Dengan mengadopsi teknologi baru, menciptakan peluang pekerjaan, dan memasukkan produk baru ke dalam pasar, mereka melihat potensi besar untuk pertumbuhan dan kemajuan. Dalam lingkup ini, globalisasi nampaknya akan menumbuhkan inovasi dan kreativitas dalam berbagai sektor.

Baca Juga :  Berikut yang merupakan kata tidak baku adalah

Kedua, masyarakat yang menerima globalisasi seringkali merasakan manfaat dari peningkatan akses terhadap barang dan jasa dari seluruh dunia. Ini mencakup peningkatan kuantitas dan kualitas dari konsumsi, baik dalam hal barang maupun jasa. Selain itu, interaksi global dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang dunia, menumbuhkan sikap terbuka dan toleran terhadap perbedaan.

Baca Juga :  Struktur Yang Terjadi Dari Satu Atau Urutan Fonem Yang Merupakan Konstituen Kata Dalam Pantun Disebut

Sayangnya, tidak semua responden memandang globalisasi dengan sorotan yang sama. Bagi sebagian masyarakat, mereka melihat proses globalisasi ini sebagai ancaman terhadap identitas, budaya, dan ekonomi lokal mereka. Faktor ini lah yang banyak menyumbang kepada penolakan terhadap globalisasi. Dalam pengertian ini, ada kekhawatiran bahwa globalisasi akan merusak tradisi dan nilai lokal dari dampak negatif homogenisasi budaya.

Kesimpulannya, bagi masyarakat yang menerima globalisasi, proses tersebut akan menumbuhkan inovasi, toleransi, dan akses yang lebih baik terhadap barang dan jasa. Di sisi lain, bagi mereka yang menolak, globalisasi dianggap sebagai ancaman terhadap identitas dan keberlangsungan hidup lokal mereka. Apapun pilihan masyarakat, globalisasi adalah fenomena yang tidak bisa dihindari dan perlu dipahami dengan baik agar manfaatnya dapat dimaksimalkan dan kerugian dapat diminimalkan.

Baca Juga :  Contoh sumber listrik adalah?

Jadi, jawabannya apa? Seperti yang telah diuraikan di atas, respon terhadap globalisasi beragam dan bergantung pada perspektif masing-masing masyarakat. Setiap individu dan komunitas memiliki peran mereka sendiri dalam membentuk respon terhadap fenomena global ini. Berbagai perspektif ini harus diperhitungkan dalam perhatian masyarakat dan pembuat kebijakan untuk menciptakan kondisi yang lebih adil dan berkelanjutan di tengah era globalisasi yang kita hadapi hari ini.

Leave a Comment