Prinsip-Prinsip dalam Hierarki Peraturan Perundang-Undangan

Perundang-undangan adalah alat utama dalam menjamin keteraturan dalam masyarakat. Dalam sistem perundangan negara, terdapat hierarki peraturan perundang-undangan yang harus dipahami. Hierarki ini dikendalikan oleh beberapa prinsip mendasar yang menentukan fungsi, kedudukan, dan hubungan antara satu peraturan dengan peraturan lainnya. Prinsip-prinsip ini mencakup:

Prinsip Lex Superior

Prinsip Lex Superior ini adalah prinsip dimana peraturan yang lebih tinggi tingkatannya mengalahkan peraturan yang berada di bawahnya. Artinya, jika terjadi konflik antara dua aturan, aturan yang lebih tinggi dalam hierarki adalah yang berlaku.

Baca Juga :  Kasus Sentimen Etnis dan Ketegangan Karena Persoalan Kebudayaan, Agama, dan Etnis yang Mengancam Integritas Nasional Negara Yugoslavia Dipicu oleh Banyaknya Suku Bangsa yang Bermukim di Wilayah dan Lembah…

Prinsip Lex Specialis

Prinsip Lex Specialis berarti hukum khusus mangalahkan hukum yang umum. Prinsip ini berlaku jika ada dua aturan yang berbeda yang mengatur suatu kasus, dimana salah satu aturan memiliki ketentuan umum dan lainnya memiliki ketentuan khusus.

Prinsip Lex Posterior

Prinsip Lex Posterior berarti hukum yang diberikan kemudian mengalahkan hukum yang diberikan terlebih dahulu. Dalam hal ini, jika terdapat dua peraturan yang berhubungan dan terbit pada waktu yang berbeda, peraturan yang dikeluarkan paling akhir akan berlaku.

Baca Juga :  Pesawat Sederhana Berikut yang Memanfaatkan Prinsip Tuas Adalah

Sistem yang mapan ini mencerminkan pentingnya hierarki dan prinsip-prinsip dalam peraturan perundang-undangan.

Pertanyaan: Apa Prinsip-Prinsip dalam Hierarki Peraturan Perundang-Undangan?

Untuk merangkum, ada tiga prinsip utama dalam hierarki peraturan perundang-undangan. Prinsip Lex Superior menentukan bahwa peraturan yang lebih tinggi dalam hierarki mengalahkan peraturan yang berada di bawahnya. Prinsip Lex Specialis menegaskan bahwa hukum khusus mengalahkan hukum umum. Sementara Prinsip Lex Posterior menjelaskan bahwa hukum yang diberikan kemudian mengalahkan hukum yang diberikan lebih awal.

Baca Juga :  Berapa Faraday yang Diperlukan untuk Mereduksi 60 Gram Ion Kalsium Menjadi Logam Kalsium?

Jadi, jawabannya apa? Kedudukan dan fungsi peraturan perundang-undangan diatur oleh hierarki yang diatur oleh tiga prinsip ini yaitu Lex Superior, Lex Specialis, dan Lex Posterior.

Leave a Comment