Presentasi Secara Langsung Antara Presenter dan Audiens yang Saling Berjauhan Dengan Bantuan Teknologi Komunikasi Disebut…

Dalam era digital saat ini, teknologi komunikasi telah berkembang pesat dan mencakup berbagai aspek kehidupan kita, termasuk cara kita berkomunikasi dan berbagi informasi. Salah satu area di mana perkembangan ini terasa sangat kuat adalah dalam bidang presentasi atau pengajaran. Lantas, presentasi secara langsung antara presenter dan audiens yang saling berjauhan dengan bantuan teknologi komunikasi, sebenarnya disebut apa? Jawabannya adalah webinar.

Pengertian Webinar

Webinar adalah singkatan dari “web-based seminar”. Itu adalah jenis konferensi, lokakarya, atau seminar yang ditransmisikan melalui web menggunakan teknologi video konferensi. Peserta bisa mendengarkan dan melihat pembicara, mengajukan pertanyaan, dan berdiskusi secara real-time tidak peduli di mana mereka berada karena webinar memungkinkan interaksi dua arah antara presentasi dan audiens.

Baca Juga :  Mengapa Pengguna Jalan Harus Bertanggung Jawab Atas Hak dan Kewajiban di Jalan Raya

Keuntungan Webinar

Webinar menawarkan sejumlah keuntungan yang tidak bisa ditawarkan oleh metode presentasi tradisional. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  1. Jangkauan Global: Dengan webinar, presenter dan audiens dapat berkomunikasi dan berinteraksi langsung tanpa harus berada di tempat yang sama. Ini berarti presentasi dapat mencapai audiens di seluruh dunia.
  2. Interaktif: Selain menyampaikan informasi, webinar juga memungkinkan interaksi dua arah. Audiens dapat mengajukan pertanyaan dan berpartisipasi dalam diskusi secara real-time.
  3. Efisiensi Waktu dan Biaya: Menghadiri seminar atau konferensi fisik bisa memakan banyak waktu dan biaya transportasi. Dengan webinar, audiens dapat mengikuti presentasi dari kenyamanan rumah atau kantor mereka, menghemat waktu dan uang.
  4. Konten Dapat Direkam dan Dilihat Kembali: Sebagian besar webinar dapat direkam dan disimpan, memungkinkan mereka yang tidak bisa hadir pada waktu yang dijadwalkan untuk menontonnya kembali di kemudian hari.
Baca Juga :  Dibawah ini yang tidak termasuk manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah?

Kesimpulan

Webinar, atau presentasi berbasis web, telah menjadi cara yang populer dan efektif untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dengan audiens yang luas, tanpa memandang jarak geografis. Teknologi ini telah membuka peluang baru dalam komunikasi dan pembelajaran, serta menjadi alat penting dalam dunia digital kita.

Leave a Comment