Presentasi secara Langsung Antara Presenter dan Audiens yang Saling Berjauhan dengan Bantuan Teknologi Komunikasi Disebut Apa?

Di era teknologi yang semakin canggih dan mendominasi hampir semua aspek kehidupan, perkembangan komunikasi telah menjadi lebih fleksibel dan efisien. Salah satu aspek penting yang telah mengalami transformasi signifikan adalah cara kita melakukan presentasi. Presentasi sekarang tidak lagi terikat oleh batasan geografis atau ruang fisik. Komunikasi antara presenter dan audiens yang saling berjauhan, dengan bantuan teknologi, telah menjadi hal yang biasa. Namun apa sebenarnya istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis presentasi seperti ini?

Baca Juga :  Menurut Pendapat Anda, Strategi Apa yang Dapat Dijalankan untuk Meningkatkan Internalisasi Pancasila Sebagai Identitas Nasional Indonesia?

Jenis presentasi ini dikenal sebagai webinar atau webcast.

Apa itu Webinar?

Webinar adalah singkatan dari web-based seminar. Dalam presentasi seperti ini, komunikasi antara presenter dan audiens berlangsung secara langsung dan interaktif melalui platform digital. Presenter dapat berada di satu sisi dunia, sementara audiens di sisi lain. Semua orang dapat berinteraksi dan berpartisipasi, meski secara fisik mereka mungkin saling jauh berjauhan.

Dengan teknologi seperti Internet, kamera video, dan mikrofon, presenter dapat berbicara dan menghadirkan materi mereka secara langsung. Sementara itu, audiens dapat memberikan umpan balik, bertanya, dan berpartisipasi dalam diskusi dalam waktu nyata.

Baca Juga :  Berikut Ini perilaku yang tidak bijak dalam menggunakan energi listrik adalah?

Apa itu Webcast?

Sedangkan webcast adalah siaran video atau audio langsung melalui internet. Pada webcast, presenter dan audiens tidak harus ada interaksi dua arah. Webcast lebih mirip dengan menonton televisi online atau mendengarkan radio streaming. Meskipun demikian, beberapa webcast mungkin menyertakan beberapa elemen interaktif seperti forum diskusi atau polling.

Baca Juga :  Jelaskan Inferensi dan Prediksi, Berikan Contohnya dalam Pembelajaran IPA SD

Kesimpulan

Webinar dan webcast merupakan teknologi berharga yang saat ini kita miliki. Mereka memungkinkan komunikasi dan layanan presentasi menjadi semakin efisien dan dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus, tanpa memandang jarak dan batasan geografis. Dengan demikian, teknologi ini merubah cara kita berkomunikasi dan berbagi pengalaman, informasi, dan pengetahuan. Hal ini membantu meningkatkan kolaborasi dan pembelajaran global.

Leave a Comment