Pernyataan Berikut ini yang Benar tentang Sintesis Protein adalah…

Sintesis protein adalah proses dimana sel-sel hidup memproduksi protein. Sintesis ini sangat penting bagi fungsi sel dan tubuh secara keseluruhan. Sintesis protein terdiri dari dua proses utama, yaitu transkripsi dan terjemahan.

Transkripsi

Transkripsi adalah proses pertama dalam sintesis protein. Ini terjadi di dalam inti sel. Dalam proses transkripsi, bagian DNA yang mengandung instruksi untuk membuat protein tertentu “ditulis ulang” menjadi molekul yang disebut m-RNA (messenger RNA).

Baca Juga :  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada tanggal?

Secara spesifik, enzim RNA polymerase membuka heliks DNA dan membuat salinan mRNA dari salah satu untai DNA. Salinan ini kemudian digunakan sebagai template untuk menyusun protein.

Terjemahan

Setelah transkripsi selesai, proses selanjutnya adalah terjemahan. Proses ini terjadi di luar inti sel, di ribosom. Ribosom adalah organel sel yang berfungsi sebagai pabrik protein.

Dalam proses terjemahan, mRNA yang terbentuk selama transkripsi diterjemahkan menjadi rantai asam amino, yang kemudian dilipat menjadi protein.

Baca Juga :  Berikut ini yang tidak termasuk isi dari Perjanjian Bongaya, yaitu?

Asam amino diangkut ke ribosom oleh molekul lain yang disebut t-RNA (transfer RNA). Saat t-RNA yang membawa asam amino yang tepat mencapai codon yang sesuai pada mRNA, asam amino dilepaskan dan digabungkan dengan asam amino sebelumnya untuk membangun rantai protein. Proses ini berlanjut sampai seluruh rantai protein terbentuk.

Kesimpulan

Sintesis protein adalah proses yang sangat rumit namun vital untuk kehidupan organisme. Dikendalikan oleh instruksi genetik dalam DNA kita, ini melibatkan kerja sama antara berbagai jenis molekul dan memungkinkan kita untuk memproduksi semua protein yang kita butuhkan untuk tumbuh dan bertahan hidup. Faktanya, setiap fungsi dalam tubuh kita, dari pertumbuhan dan reparasi hingga sistem kekebalan dan metabolisme, semuanya bergantung pada protein.

Leave a Comment