Percobaan yang Membuktikan Adanya Proses Pengangkutan pada Tumbuhan

Proses pengangkutan pada tumbuhan merujuk kepada pergerakan air, mineral, dan makanan dari satu bagian tumbuhan ke bagian lain yang perlu. Kebanyakan proses ini melibatkan akar, batang, dan daun tumbuhan. Ada beberapa percobaan klasik yang telah dilakukan oleh ilmuwan untuk membuktikan adanya proses pengangkutan ini.

Percobaan Ring Girdling

Percobaan ring girdling pertama kali dilakukan oleh seorang ahli botani Jerman, Julius von Sachs. Dalam percobaan ini, sebidang kulit dan phloem dikeluarkan dari sebagian batang tanaman sehingga hanya xilem yang tersisa di bagian itu. Jika tumbuhan masih dapat hidup tapi pertumbuhannya terhambat, ini membuktikan bahwa phloem bertanggung jawab atas pengangkutan makanan dari daun ke bagian lain dari tumbuhan.

Baca Juga :  Jelaskan Alasan Kebugaran Jasmani dapat Menghilangkan Stres

Percobaan Radioaktif dengan 14C

Pada tahun 1940-an, percobaan ini dilakukan dengan menyuntikkan CO2 radioaktif ke daun tumbuhan. Setelah itu, tumbuhan tersebut diletakkan di bawah sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Setelah beberapa waktu, piring autoradiografi diletakkan di berbagai bagian tumbuhan untuk mendeteksi adanya radioaktivitas. Hasilnya menunjukkan bahwa semua bagian tumbuhan — termasuk akar dan batang — memiliki radioaktivitas, yang berarti 14C mengikuti aliran gula yang dihasilkan oleh fotosintesis, sehingga membuktikan adanya pengangkutan.

Baca Juga :  Lirik Lagu "Ya Tuhanku, Aku Hendak Bernyanyi Bagimu"

Percobaan dengan Pewarna

Percobaan ini sering dilakukan di sekolah, di mana sebuah tanaman diletakkan dalam air yang dicampur dengan beberapa tetes pewarna makanan. Setelah beberapa jam, warna pewarna akan muncul di daun tanaman, membuktikan bahwa air dan solute telah diangkut dari akar menuju daun melalui xilem.

Percobaan Kapilari

Percobaan kapilari melakukan eksperimen dengan membuat potongan batang tumbuhan di satu ujung dan menempatkan ujung potongan ke dalam tabung berisi air. Setelah beberapa waktu, air akan naik melalui batang tumbuhan, membuktikan adanya pergerakan air melalui proses kapilari.

Baca Juga :  Pemberian Pengaruh atau Pandangan dari Satu Pihak kepada Pihak Lain Disebut Apa?

Kesimpulan

Percobaan di atas telah berhasil membuktikan adanya proses pengangkutan pada tumbuhan, pentingnya sistem vaskular tumbuhan yang terlibat dalam proses ini, dan bagaimana tumbuhan itu sendiri ada di alam ini. Melalui percobaan ilmiah, kita bisa lebih memahami bagaimana kehidupan ini saling terhubung, dan bagaimana proses alami berlangsung. Ini adalah bukti nyata dari keajaiban alam.

Leave a Comment