Peralatan Komputer Berupa Papan Ketik yang Berfungsi Memasukkan Data, Angka, dan Karakter serta Menjalankan Perintah pada Komputer adalah…..

Peralatan komputer berupa papan ketik yang berfungsi memasukkan data, angka, dan karakter serta menjalankan perintah pada komputer, lebih dikenal dengan nama Keyboard. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai sarana input dari pengguna untuk berinteraksi dengan sistem komputernya.

Sejarah Keyboard

Keyboard pertama kali diperkenalkan untuk mesin ketik mekanis pada abad ke-19. Seiring perkembangan teknologi, fungsi dan desain keyboard juga mengalami perkembangan. Keyboard komputer modern seperti yang kita kenal saat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 oleh perusahaan IBM. Saat itu, keyboard digunakan sebagai bagian dari IBM System/360.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Melakukan Teknik Pernapasan dalam Renang Gaya Dada?

Fungsi Keyboard

Fungsi utama keyboard adalah untuk memasukkan data dan perintah ke dalam sistem komputer. Input ini bisa berupa teks, angka, atau perintah operasi sistem. Keyboard memiliki banyak tombol yang memiliki fungsi berbeda-beda. Misalnya, tombol alphanumeric untuk memasukkan teks dan angka, tombol fungsi (F1-F12) untuk menjalankan perintah tertentu, tombol arah untuk navigasi, dan tombol spesial lainnya seperti shift, ctrl, alt, dan lainnya.

Baca Juga :  Untuk Memenuhi Kebutuhan Pokok Manusia, Maka Manusia Menciptakan Lembaga...

Jenis-Jenis Keyboard

Ada beberapa jenis keyboard yang beredar di pasaran dengan variasi desain dan fitur. Beberapa jenis keyboard yang paling umum adalah:

  1. Keyboard Standar: Keyboard ini adalah jenis yang paling banyak digunakan. Memiliki layout QWERTY dan biasanya memiliki 101 atau 104 tombol.
  2. Keyboard Multimedia: Keyboard ini memiliki tambahan tombol khusus untuk memutar musik, mengatur volume, dan menjalankan aplikasi tertentu.
  3. Keyboard Nirkabel: Keyboard ini menggunakan teknologi Bluetooth atau inframerah untuk berkomunikasi dengan komputer, sehingga tidak memerlukan kabel.
  4. Keyboard Gaming: Keyboard khusus bagi pengguna yang suka bermain game. Biasanya memiliki tombol ekstra dan fitur macro untuk menjalankan perintah cepat.
Baca Juga :  SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom APK

Keyboard merupakan perangkat yang sangat penting dalam menggunakan komputer. Tanpa keyboard, pengguna akan sangat sulit memasukkan data dan perintah ke dalam sistem komputer mereka. Oleh karena itu, pemilihan keyboard yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan pengguna sangatlah penting.

Leave a Comment