Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Menurut Para Ahli

Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting untuk menggerakkan siswa dalam proses belajar mengajar. Sayangnya, tidak jarang terdapat siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah. Menurut para ahli, beberapa faktor berikut ini dapat menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa.

1. Lingkungan Belajar yang Kurang Mendukung

Lingkungan belajar berperan penting dalam menentukan motivasi belajar siswa. Lingkungan yang kurang kondusif untuk belajar dapat menurunkan minat dan motivasi siswa dalam menyerap materi. Lingkungan yang ramai, kotor, atau kurang memiliki fasilitas lengkap bisa menjadi hambatan bagi siswa untuk belajar dengan baik.

Baca Juga :  Pelurus dari sudut ABC=60 derajat adalah?

2. Metode Pengajaran yang Monoton

Metode pengajaran guru yang monoton dan tidak variatif bisa membuat siswa merasa bosan. Menurut Teunissen dan Masman (2016), metode pengajaran yang tidak kreatif dan inovatif cenderung membuat siswa kehilangan minat belajar. Mengubah metode pengajaran dan mengimplementasikan metode yang lebih interaktif dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

3. Faktor Internal Siswa

Faktor internal siswa juga dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka. Misalnya, kondisi kesehatan yang kurang baik, mood yang buruk, atau masalah-masalah pribadi bisa mempengaruhi konsentrasi dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penting untuk memastikan siswa dalam kondisi fisik dan mental yang baik saat belajar.

Baca Juga :  Batas negara Indonesia sebelah timur adalah?

4. Kurangnya Dukungan dari Orang Tua

Dukungan dari orang tua juga sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Orang tua yang kurang memberikan dukungan kepada aktivitas belajar anak, bisa menurunkan motivasi belajar siswa. Mendukung dan memotivasi anak dalam belajarnya bisa membantu siswa untuk bersemangat dan memiliki minat belajar yang lebih tinggi.

Penyebab rendahnya motivasi belajar siswa menurut para ahli di atas bisa menjadi acuan bagi kita semua, baik guru, orang tua, maupun siswa untuk menjadi lebih baik dalam proses belajar mengajar. Pengenalan serta pengelolaan dari faktor-faktor ini dapat membantu dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.

Baca Juga :  Candi Borobudur merupakan peninggalan kerajaan Mataram yang bercorak?

Jadi, jawabannya apa? Kondisi lingkungan belajar, metode pengajaran, faktor internal siswa dan dukungan dari orang tua merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa menurut para ahli. Proses identifikasi dan perbaikan terhadap faktor-faktor ini dapat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Leave a Comment