Penumpukan Sampah di Sekolah Sangat Jamak untuk Saat Ini, Kurangnya Kesadaran Siswa Membuat Sampah Menjadi Berserakan di Mana-mana. Kenapa Hal Itu Bisa Terjadi?

Sekolah adalah pusat dari proses belajar dan mengajar, dan juga lingkungan tempat siswa belajar bagaimana berinteraksi dengan masyarakat dan belajar tentang tanggung jawab sosial. Salah satu aspek tanggung jawab tersebut adalah menjaga lingkungan. Namun, banyak sekolah saat ini yang menghadapi masalah penumpukan sampah. Kurangnya kesadaran siswa mengenai manajemen sampah dan lingkungan berakibat pada sampah yang berserakan di mana-mana. Artikel ini akan coba menganalisis beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Kurangnya Pendidikan dan Kesadaran Mengenai Lingkungan

Kurangnya edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa sampah menumpuk di sekolah. Belum adanya standar kurikulum yang mengharuskan pembelajaran tentang lingkungan dan pentingnya pengelolaan sampah bisa jadi menjadi penyebab utama dari masalah ini.

Baca Juga :  Berikut ini merupakan manfaat bekerja sama , kecuali?

Kurangnya Fasilitas Pengelolaan Sampah

Belum adanya fasilitas seperti tempat sampah yang memadai di sekolah juga memungkinkan sampah menumpuk. Terkadang, jumlah tempat sampah tidak sebanding dengan jumlah siswa dan sampah yang dihasilkan. Ini mengakibatkan siswa akhirnya membuang sampah di sembarang tempat.

Baca Juga :  Pada Pemupukan Awal Tanaman Talas Sebaiknya Menggunakan Pupuk Apa?

Kebiasaan Buruk dan Sikap Malas

Kebiasaan buruk dan sikap malas juga merupakan faktor penting yang menyebabkan penumpukan sampah. Tidak sedikit siswa yang membuang sampah sembarangan meski tempat sampah tersedia, baik karena jaraknya yang jauh, atau mungkin karena merasa ‘tidak keren’ jika membawa sampah ke tempat sampah.

Kurangnya Hukuman atau Sanksi

Tidak adanya hukuman atau sanksi bagi siswa yang membuang sampah sembarangan dapat membuat siswa merasa bebas untuk membuang sampah secara sembarangan, dan ini menjadi penyebab masalah penumpukan sampah.

Baca Juga :  berikut ini yang termasuk dalam faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM terjadi adalah?

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melibatkan seluruh komponen sekolah, mulai dari pihak sekolah, guru, siswa, hingga orang tua siswa. Pendidikan dan kesadaran tentang lingkungan harus ditanamkan sejak dini, dan sekolah memiliki peran penting dalam hal ini. Fasilitas yang memadai dan hukuman atau sanksi juga harus diajarkan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Leave a Comment