Penggolongan Karbohidrat yang Didasarkan atas Monomernya Dikenal sebagai Monosakarida, Disakarida, dan Polisakarida. Yang Termasuk Disakarida adalah . . .

Karbohidrat adalah komponen penting dalam makanan sehari-hari kita. Mereka adalah molekul organik yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen, dan merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Ada banyak jenis karbohidrat, namun yang paling umum dan penting adalah monosakarida, disakarida dan polisakarida.

Monosakarida adalah gula sederhana yang tidak bisa dihidrolisis menjadi gula yang lebih sederhana. Beberapa monosakarida paling umum adalah glukosa (gula darah), fruktosa (gula buah), dan galaktosa.

Baca Juga :  Besar kuat medan listrik yang berjarak 10 cm terhadap muatan sebesar 4┬ÁC adalah?

Disakarida adalah gula ganda yang terbentuk dari dua monosakarida melalui proses yang dikenal sebagai dehidrasi sintesis, di mana molekul air hilang. Ada tiga jenis disakarida utama, yaitu: sukrosa, laktosa dan maltosa.

  • Sukrosa: Dikenal juga sebagai gula meja, sukrosa adalah disakarida yang terbentuk dari penggabungan satu molekul glukosa dan satu molekul fruktosa. Sukrosa umumnya ditemukan dalam gula tebu dan gula bit.
  • Laktosa: Dikenal juga sebagai gula susu, laktosa adalah disakarida yang terbentuk dari penggabungan satu molekul glukosa dan satu molekul galaktosa. Laktosa biasa ditemukan dalam produk susu seperti susu, keju, dan yogurt.
  • Maltosa: Dikenal juga sebagai gula malt, maltosa adalah disakarida yang dibentuk dari penggabungan dua molekul glukosa. Maltosa biasanya ditemukan dalam biji-bijian dan biji-bijian yang telah diubah, seperti bir.
Baca Juga :  Berdasarkan tabel di atas, jenis kegiatan ekonomi masyarakat di pegunungan adalah?

Terakhir, polisakarida adalah karbohidrat yang terbentuk dari tiga atau lebih molekul monosakarida. Polisakarida ini mencakup pati, glikogen, dan serat makanan.

Baca Juga :  Negara yang Berkedaulatan Rakyat Berdasarkan Atas Kerakyatan dan Permusyawaratan Perwakilan: Implementasi Pokok Pikiran Ketiga Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Ini Terdapat Dalam Bentuk

Demikian beberapa macam dan contoh dari karbohidrat berdasarkan monomernya, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Dengan pengetahuan ini, kita dapat lebih memahami apa saja yang termasuk dalam makanan kita dan berapa banyak energi yang dapat kita dapatkan dari setiap jenis tersebut.

Jadi, jawabannya apa? Sebagai disakarida, sukrosa, laktosa dan maltosa adalah jenis karbohidrat penting yang terkandung dalam berbagai makanan sehari-hari kita.

Leave a Comment