Pencarian Biner digunakan pada Data yang sudah dalam Keadaan Urut dan memiliki Tambahan berupa Pencarian Beruntun dengan Sentinel jika Pencarian Bertujuan

Pencarian biner adalah teknik pencarian efisien yang digunakan dalam komputasi untuk menemukan posisi dari target nilai dalam array yang diurutkan (Wikipedia, 2021). Sementara itu, pencarian beruntun adalah metode pencarian yang juga efektif; bagaimanapun, cara kerjanya berbeda. Pertanyaan pentingnya adalah apakah kemudian, metode pencarian ini dapat digunakan pada data yang sudah dalam keadaan urut dan bagaimana prosesnya?

Pencarian Biner

Seperti disebutkan sebelumnya, pencarian biner adalah metode pencarian yang efisien yang digunakan dalam menemukan posisi nilai target dalam array yang diurutkan. Teknik ini bekerja dengan membagi data menjadi dua bagian sama besar dan kemudian secara beruntun membandingkan nilai yang akan dicari dengan nilai tengah dari data. Jika nilai yang akan dicari sama dengan nilai tengah maka pencarian selesai. Jika nilai tersebut kurang dari nilai tengah, maka pencarian dilakukan pada bagian data yang kecil dan sebaliknya jika nilainya lebih besar dari nilai tengah, pencarian dilakukan pada bagian data yang besar.

Baca Juga :  Harga Bawang Merah di Pasar Induk Kramat Jati Hari Ini

Pencarian Beruntun

Pencarian beruntun adalah metode pencarian pengindeksan yang membandingkan setiap elemen dalam list dari awal hingga akhir sampai item yang dicari ditemukan atau sampai semua item telah dicheck. Ini dianggap sebagai algoritme pencarian paling sederhana yang dapat digunakan.

Baca Juga :  Tahap Melakukan Gerak Lempar Tangkap Bola yang Tepat Adalah

Pencarian Beruntun dengan Sentinel

Sentinel digunakan dalam pencarian beruntun untuk menambah efisiensi. Jadi, jika pencarian bertujuan, sentinel dapat berfungsi sebagai penunjuk atau penanda lokasi nilai pencarian dalam bentuk data yang telah diurutkan. Dengan demikian, seorang sentinel bisa menunjukkan tanda atau titik tengah pencarian jika nilainya cocok, sehingga memungkinkan untuk melanjutkan pencarian di bagian yang belum di-search. Penambahan sentinel ini memungkinkan efisiensi dan kecepatan lebih besar dalam beroperasi pada data yang belum pernah dijahit sebelumnya.

Baca Juga :  Bagaimana Filantropi Sosial Dapat Menjembatani Masalah Ketimpangan Sosial?

Kesimpulan

Baik pencarian biner maupun pencarian beruntun, keduanya merupakan metode efektif untuk mencari data dalam array. Faktor penentu dalam pemilihan metode ini adalah tergantung pada data asli yang digunakan dan tujuan dari operasi pencarian tersebut. Jika data yang diinginkan sudah diurutkan, maka pencarian biner adalah metode yang paling tepat, sementara jika data belum diurutkan atau memiliki sentinel, maka pencarian beruntun mungkin lebih tepat. Selalu penting untuk memahami fundamental dan fungsi masing-masing metode sebelum membuat keputusan.

Leave a Comment