Negara Kecil di Amerika Selatan Terdapat Banyak Keturunan Suku Jawa

Negara kecil di Amerika Selatan yang memiliki banyak keturunan Suku Jawa adalah Suriname. Sejarahnya sangat unik dan menarik. Suku bangsa Jawa, asli dari pulau Jawa di Indonesia, memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat dan budaya Suriname sejauh ini.

Sejarah Migrasi Suku Jawa ke Suriname

Hampir satu abad yang lalu, pada awal abad ke-20, banyak orang Jawa dibawa ke Suriname sebagai pekerja kontrak oleh kolonialis Belanda. Hal ini terjadi setelah penghapusan perbudakan, yang menyebabkan kekurangan buruh di perkebunan. Orang Jawa, seperti banyak suku lainnya yang datang ke Suriname, diberikan janji pekerjaan yang baik dan kehidupan yang lebih baik di Amerika Selatan. Seinas-mirip dengan orang Jawa dan suku-suku lainnya, masyarakat ini membawa serta culture, tradisi, dan adat istiadat mereka ke negara baru mereka.

Baca Juga :  Kebutuhan yang Dirasakan Untuk Kepentingan Jiwa Manusia

Pengaruh Budaya Jawa di Suriname

Komunitas Jawa di Suriname, meskipun jauh dari tanah air, telah dapat mempertahankan budaya dan tradisi Jawa dan bahkan telah memperkaya budaya lokal. Ini bisa dilihat dalam musik, tarian serta pencapaian kuliner Suriname.

Baca Juga :  Satire adalah Puisi yang Mengungkapkan Perasaan Tidak Puas Penyair Terhadap

Piring Javanese, khususnya, telah menjadi bagian integral substrata kuliner negara ini, dengan dari seperti nasi goreng dan bakso mendapat tempat khusus dalam hati penduduk lokal. Selain itu, pertunjukan tari dan musik Jawa, sebangunnya dengan gamelan (alat musik tradisional Jawa), juga sangat populer dan sering ditampilkan pada acara-acara lokal.

Komunitas Jawa Suriname Saat Ini

Komunitas Jawa di Suriname saat ini merupakan bagian penting dari masyarakat. Mereka memainkan peran kunci dalam banyak aspek kehidupan di Suriname, termasuk politik, sosial dan ekonomi. Beberapa dari mereka bahkan telah berhasil mencapai posisi penting dalam pemerintahan dan bisnis lokal.

Baca Juga :  Bila kerjasama antar umat beragama terwujud dengan baik maka akan tercipta?

Secara keseluruhan, perjalanan Suku Jawa dari Indonesia ke Suriname telah menjadi bagian penting dari sejarah kedua negara. Dan meskipun dihadapkan dengan tantangan dan kesulitan, komunitas ini berhasil berkembang dan mempertahankan identitas budaya mereka yang khas, sambil berkontribusi secara signifikan terhadap masyarakat dan budaya yang lebih luas di Suriname.

Leave a Comment