Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Menjelaskan Bahwa Tidak Akan Tersesat Orang Yang Berpegang Teguh Kepada Alquran dan Sunah: Maksudnya adalah?

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam telah mengajarkan tentang pentingnya berpegang teguh pada Alquran dan Sunah dalam kehidupan. Firman yang berasal dari beliau atau hadits adalah sumber hukum dan petunjuk hidup bagi alam Islam. Dalam hadits tersebut, Rasulullah menegaskan bahwa tidak akan tersesat bagi mereka yang berpegang teguh pada Alquran dan Sunah. Maksudnya adalah, setiap individu yang menjadikan Alquran dan Sunah sebagai acuan dan pedoman dalam kehidupan, akan selalu berada pada jalur yang benar dan terhindar dari kesesatan.

Pengertian Alquran dan Sunah

Sebelum lebih jauh memaknai pesan dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, penting untuk memahami definisi Alquran dan Sunah. Alquran adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam. Sementara itu, Sunah adalah apa saja yang datang dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam baik berupa perbuatan, perkataan, atau persetujuan, yang bisa dijadikan contoh dan petunjuk dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga :  Bagian Dalam Struktur Teks Prosedur yang Selalu Ada Adalah

Makna Dari Perkataan Nabi

Perkataan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang menegaskan bahwa tidak akan tersesat bagi yang berpegang teguh pada Alquran dan Sunah memiliki makna mendalam. Ini tidak hanya mencakup ketaatan dalam beribadah sesuai hukum yang diletakkan oleh Alquran dan Sunah, tetapi juga dalam sikap, perilaku, cara berbicara, berpikir, dan berinteraksi dalam masyarakat.

Baca Juga :  Sebutkan Makna Alinea Keempat dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Berpegang teguh pada Alquran dan Sunah berarti menjadikan keduanya sebagai pedoman hidup. Setiap keputusan yang diambil dan tindakan yang dilakukan berdasarkan petunjuk dari Alquran dan Sunah. Dengan cara ini, seseorang akan terhindar dari kesalahan dan kesesatan. Karena, dengan berpegang teguh pada Alquran dan Sunah, individu tersebut berada dalam perlindungan Allah SWT dan berada di jalur yang benar.

Baca Juga :  PT. Maju Bersama Mendapatkan Hibah Tanah dari Pemerintah Berupa Tanah yang Ada di Daerah Demak, Jawa Tengah untuk Membangun Pabrik dengan Nilai Wajar Rp100.000.000 dan Nilai Pasar Rp125.000.000: Harga Apa yang Harus Dicatat, dan Bagaimana Jurnalnya?

Kesimpulan

Maka dari itu, perkataan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ini adalah seruan bagi umatnya untuk selalu mengacu pada dua sumber hukum dalam Islam ini, yaitu Alquran dan Sunah. Keduanya merupakan pedoman yang hakiki dalam kehidupannya dan telah dijamin kebenarannya oleh Allah SWT. Jadi, berkeyakinan dan berjiwa besar untuk berpegang teguh pada Alquran dan Sunah, adalah gerbang untuk mendapatkan kehidupan yang benar dan terhindar dari kesesatan.

Leave a Comment