Mobilitas yang terjadi karena naiknya orang-orang yang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi disebut apa?

Mobilitas sosial adalah sebuah konsep dasar dalam sosiologi yang merujuk pada perubahan atau perpindahan individu atau keluarga dalam konteks posisi di masyarakat. Perubahan ini bisa berupa peningkatan atau penurunan status sosial. Mobilitas sosial merupakan refleksi dari fleksibilitas hierarki sosial di dalam masyarakat.

Ketika orang berstatus sosial rendah naik ke status sosial yang lebih tinggi, fenomena ini disebut sebagai “Mobilitas Sosial Naik” atau “Upward Social Mobility”.

Mobilitas Sosial Naik

Mobilitas sosial naik merujuk pada bergeraknya individu atau keluarga dari strata atau kelas sosial yang lebih rendah ke strata atau kelas sosial yang lebih tinggi. Hal ini biasanya terjadi melalui peningkatan pendidikan, pekerjaan yang lebih baik, atau peningkatan ekonomi.

Baca Juga :  Istilah Kebudayaan Berasal Dari Bahasa Sansekerta Buddayah, apa Artinya?

Sebagai contoh, anak dari keluarga pekerja rendahan yang mendapatkan pendidikan dan memiliki pekerjaan profesional adalah contoh dari mobilitas sosial naik. Seseorang yang mendapatkan peningkatan gaji atau promosi di tempat kerja juga merupakan contoh dari hal ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial Naik

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial, yakni:

  1. Pendidikan: Mendapatkan pendidikan yang baik dan relevan seringkali menjadi kunci utama untuk berpindah ke strata sosial yang lebih tinggi.
  2. Pekerjaan: Jenis pekerjaan dan pendapatan yang dikumpulkan dapat sangat mempengaruhi mobilitas sosial seseorang.
  3. Lingkungan: Lingkungan tempat individu hidup dan tumbuh juga berpengaruh. Misalnya, lingkungan yang memberikan akses ke pendidikan dan peluang kerja yang baik dapat memfasilitasi mobilitas sosial naik.
  4. Kebijakan Pemerintah: Kebijakan pemerintah yang mempromosikan kesetaraan dan peluang pendidikan dan ekonomi juga berperan penting dalam mobilitas sosial.
Baca Juga :  Tujuh Buah Yupa yang Ditemukan di Kerajaan Kutai Merupakan Peninggalan yang Ditulis pada Masa Kekuasaan Raja'

Implikasi Mobilitas Sosial Naik

Mobilitas sosial naik memiliki beberapa implikasi, baik pada level individu maupun masyarakat. Pada level individu, mobilitas sosial naik bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup secara umum. Pada level masyarakat, mobilitas sosial naik dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi dan mempromosikan kesetaraan sosial.

Baca Juga :  Ciri-ciri terjadinya cedera olahraga adalah rubor, tumor, kalor, dolor, dan fungsio laesa, arti dari rubor adalah?

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mobilitas sosial naik adalah bagian penting dari dinamika masyarakat yang sehat. Ketika masyarakat menyediakan peluang yang adil dan merata bagi semua anggotanya untuk meningkatkan posisi sosial mereka, maka mobilitas sosial naik dapat dicapai dan berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat yang lebih adil dan setara.

Leave a Comment