Mengapa Latihan Leg Squat Dapat Membakar Lemak Tubuh yang Berlebih?

Salah satu pertanyaan umum yang muncul dalam rutinitas olahraga adalah “Mengapa latihan leg squat dapat membakar lemak tubuh yang berlebih?” Jadi, di sini kita akan mencoba mencari tahu hal tersebut dan bagaimana cara kerjanya.

Memahami Leg Squat

Sebelum kita masuk ke dalam link antara leg squat dan pembakaran lemak, kita harus memahami apa itu leg squat. Latihan leg squat atau squat adalah gerakan yang melibatkan seluruh tubuh dan menargetkan sebagian besar otot bawah tubuh, termasuk quads, gluteus, hamstring, dan otot-otot inti.

Baca Juga :  Cara cecak dan kadal untuk melindungi diri dengan

Bagaimana Leg Squat Membakar Lemak?

1. Aktivitas Intensif di Otak.

Latihan leg squat adalah latihan beban tubuh yang intensif, yang membutuhkan energi dan tenaga yang besar. Penggunaan energi yang tinggi ini mempromosikan pembakaran kalori yang efisien selama dan setelah latihan. Ketika tubuh membakar kalori, itu juga membakar lemak.

2. Latihan Beban dan Metabolisme.

Saat kita melakukan latihan beban seperti leg squat, kita membangun massa otot. Otot adalah jaringan metabolik yang aktif yang membantu meningkatkan laju metabolisme istirahat kita. Dengan kata lain, semakin banyak otot yang kita punya, semakin banyak kalori yang kita bakar, bahkan saat istirahat.

Baca Juga :  Historis Pembentukan UU No. 7 Darurat Tahun 1955 Tentang Pengusutan dan Penuntutan, Dan Peradilan Tindak Pidana Ekonomi

3. Efek Post-Latihan.

Leg squat mendorong apa yang disebut ‘afterburn effect’ atau peningkatan konsumsi oksigen setelah latihan (EPOC). Ini mengacu pada peningkatan jumlah kalori yang dibakar setelah latihan yang intensitas tinggi. Squat adalah salah satu latihannya.

Baca Juga :  Zat Besi dalam Tubuh Kita Berfungsi Untuk Membentuk

Kesimpulan

Maka, jawaban atas pertanyaan, “Mengapa latihan leg squat dapat membakar lemak tubuh yang berlebih?” adalah karena intensitas tinggi dari latihan ini, buildup otot, dan efek afterburn. Namun, seperti semua program latihan, seimbangkan squat dengan nutrisi yang sehat dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Leave a Comment