Mengangkat Kedua Tangan Saat Takbiratul Ihram Termasuk Apa?

Takbiratul Ihram adalah salah satu bagian penting dalam pelaksanaan ibadah sholat. Dalam tahap ini, jamaah akan mengucapkan ‘Allahu Akbar’ sambil mengangkat kedua tangan yang menandakan dimulainya sholat. Nah, mengangkat kedua tangan saat Takbiratul Ihram ini termasuk apa dalam syariat Islam? Mari kita bahas secara lebih detail.

Bacaan dan Gerakan dalam Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram penuh dengan simbolisme dan mendalam maknanya. Kata ‘Takbiratul Ihram’ sendiri terdiri dari dua unsur; ‘Takbir’ yang berarti membesarkan atau mengagungkan, dan ‘Ihram’ yang berarti larangan atau kesucian. Jadi, Takbiratul Ihram berfungsi sebagai saldo pembuka sholat yang menandai masuknya seseorang ke dalam suatu keadaan suci dan melarang semua hal yang dapat membatalkan sholat.

Baca Juga :  Berikut ini termasuk perubahan fisika adalah?

Bacaan dalam Takbiratul Ihram adalah ‘Allahu Akbar’ yang mengandung makna bahwa Allah adalah yang terbesar. Sementara gerakan yang dilakukan, yaitu mengangkat kedua tangan, adalah tanda penghormatan dan penyerahan diri sepenuhnya kepada sang Pencipta.

Arti Mengangkat Kedua Tangan Saat Takbir

Mengangkat kedua tangan saat Takbiratul Ihram termasuk sunnah Rasulullah SAW dalam melaksanakan sholat. Sunnah ini berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Umar RA:

Baca Juga :  Andi Melakukan Pelanggaran Hukum yang Mengakibatkan Dirinya Tidak Diperbolehkan Menggunakan Hak Pilihnya untuk Pemilu, Hukuman Apakah yang Dijatuhkan Pada Andi?

“Dari Ibnu Umar RA, bahwa ketika Rasulullah SAW ber-takbir, beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan bahunya.”

Perlu diperhatikan bahwa mengangkat tangan saat Takbiratul Ihram bukanlah suatu kewajiban, namun merupakan sunnah. Ini berarti bahwa jika seseorang lupa atau tidak mengangkat tangan saat Takbiratul Ihram, sholatnya tetap sah dan tidak perlu diulangi.

Makna Mengangkat Kedua Tangan

Mengangkat kedua tangan saat Takbiratul Ihram memiliki beberapa makna. Pertama, sebagai tanda membesarkan Allah SWT karena ‘Allahu Akbar’ artinya Allah Maha Besar. Kedua, sebagai penanda bahwa individu tersebut telah memasuki fase sakral yaitu sholat, dan keluar dari urusan-urusan duniawi. Ketiga, sebagai bentuk penyerahan sepenuhnya kepada Allah SWT.

Baca Juga :  Sebutkan Satu Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kerukunan Antara Sesama Manusia

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, “Mengangkat tangan adalah sebagian dari keutamaan shalat.”

Maka, mengangkat kedua tangan saat Takbiratul Ihram adalah ajaran Islam yang apabila dilakukan dengan penuh kesadaran dan pengertian akan melahirkan nilai-nilai kebaikan dalam diri seseorang, dan membawa kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Leave a Comment