Memutuskan Aliran Daya Listrik secara Otomatis Jika Daya yang Dihantarkan Melebihi Nilai Batasnya Merupakan Fungsi Dari Apa?

Aliran daya listrik yang melebihi nilai batas bisa menjadi sumber potensial serius bagi kerusakan perangkat listrik dan risiko keselamatan. Oleh karena itu, ada sistem khusus yang dirancang untuk mengendalikan situasi ini. Jadi, apa sebenarnya yang bertanggung jawab atas fungsi pemutusan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi nilai batasnya? Jawabannya adalah sirkuit pemutus atau dikenal juga sebagai circuit breaker.

Sirkuit Pemutus (Circuit Breaker)

Sirkuit pemutus adalah perangkat pengaman listrik yang memutuskan arus listrik secara otomatis ketika terjadi kelebihan beban atau lompatan tegangan yang tiba-tiba. Fungsi utamanya adalah untuk menghentikan aliran listrik terus menerus yang bisa merusak perangkat elektronik atau meningkatkan risiko kebakaran.

Baca Juga :  Kita harus menjaga persatuan di?

Bagaimana Cara Kerja Sirkuit Pemutus?

Sirkuit pemutus adalah contoh brilian dari teknologi yang melindungi kita dari bahaya listrik. Ketika aliran listrik meluap karena kelebihan beban atau lompatan tegangan, ini akan menjadi terlalu panas. Sirkuit pemutus biasanya memiliki perangkat yang bisa mendeteksi suhu yang berlebihan ini.

Dalam kebanyakan sirkuit pemutus, komponen kunci adalah bimetal yang membengkok ketika suhu naik. Setelah mencapai titik perubahan bentuk yang tertentu, bimetal akan membuat saklar memutus aliran listrik. Begitu dialirkan lagi dan kondisi normal tercapai, bimetal akan kembali ke posisi semula dan memulihkan aliran listrik.

Baca Juga :  Berikut ini gunung laut yang terdapat di Indonesia adalah?

Konsep-nilai Batas dalam Sirkuit Pemutus

Nilai batas dalam konteks ini merujuk pada batas maksimum arus listrik yang bisa ditampung oleh suatu sirkuit tanpa menyebabkan kerusakan atau gangguan. Perlu diketahui bahwa circuit breaker yang berbeda memiliki nilai batas yang berbeda, tergantung pada jenis dan kebutuhan perangkat yang dilindungi.

Misalnya, untuk peralatan rumah tangga harian, nilai batas mungkin berkisar antara 10 hingga 20 Ampere, sedangkan untuk peralatan industri dapat mencapai beberapa ratus hingga ribuan Ampere. Oleh karena itu, penting memilih circuit breaker dengan kapasitas yang sesuai dengan beban listrik perangkat agar aliran listrik dapat diputus secara otomatis jika daya yang dikirim melebihi batas tersebut.

Baca Juga :  Salam sapaan ketika baru bertemu teman yang tepat adalah?

Kesimpulan

Jadi, sirkuit pemutus bertanggung jawab atas pemutusan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi nilai batasnya. Ini adalah ciri penting dalam sistem listrik manapun dan merupakan langkah penting dalam melindungi perangkat listrik dan keselamatan penggunanya.

Leave a Comment