Makna dan Contoh Benda dari Kosakata Berikut: ‘Kental’ dan ‘Lentur’

A. Kental

Makna:

Kata ‘kental’ di dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti yang menyatakan keadaan, sifat, atau ciri suatu zat yang memiliki tebal atau pekat. Kental juga bisa berarti kuat atau mencolok apabila digunakan untuk menggambarkan sifat atau karakter.

Contoh Benda:

Sebagai contoh benda yang kental, kita dapat menyebutkan beberapa benda berikut ini:

  1. Dodol: Dodol adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan, gula aren, dan kelapa. Dodol memiliki tekstur yang kental, lengket, dan manis.
  2. Kuah Kari: Kuah kari merupakan jenis sop yang kentaldan biasanya berwarna kuning karena penggunaan kunyit. Kuah ini umumnya digunakan dalam masakan India dan Asia Selatan.
  3. Cat: Berbagai jenis cat, seperti cat minyak atau cat akrilik, memiliki tekstur yang kental.
Baca Juga :  Jelaskan Pokok-Pokok Pikiran Strategi Nasional untuk Pembangunan Berkelanjutan yang Dituangkan dalam Agenda 21 Indonesia

B. Lentur

Makna:

Kata ‘lentur’ memiliki arti yang merujuk pada sifat atau karakteristik suatu benda yang dapat ditekuk atau dibengkokkan tanpa terjadi keretakan atau kerusakan.

Baca Juga :  Berikut data nilai latihan ujian Bahasa Indonesia Irfan : 86, 78, 72, 82, 90, 88, 84, dan 78. Rata-rata nilai latihan ujian Bahasa Indonesia Irfan adalah?

Contoh Benda:

Adapun beberapa benda yang memiliki sifat ‘lentur’ di antaranya adalah:

  1. Karet: Karet adalah bahan yang sangat lentur dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti alat olahraga, komponen kendaraan, dan alat rumah tangga.
  2. Silikon: Benda ini adalah polimer sintetis yang sangat lentur dan tahan panas. Itu digunakan dalam berbagai bidang, termasuk dapur, pakaian, dan kedokteran.
  3. Kain: Hampir semua jenis kain memiliki sifat yang lentur. Bahannya yang lembut dan fleksibel membuat kain mudah untuk dijahit dan dibentuk sesuai keinginan.
Baca Juga :  Saat mengambil wudhu diawali dengan?

Dengan demikian, pemahaman tentang kosakata ‘kental’ dan ‘lentur’ sangat penting, baik dalam konteks penggunaan sehari-hari maupun dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Penggunaan kata-kata ini dengan benar akan membantu dalam komunikasi yang efektif dan akurat.

Leave a Comment