Lapisan yang Melindungi Bumi dari Sinar Ultraviolet Adalah?

Berbicara tentang kehidupan di bumi, ada banyak elemen dan faktor penting yang turut menunjang berlangsungnya kehidupan. Salah satu elemen penting tersebut adalah adanya perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV). Sinar UV memiliki potensi yang sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi, termasuk manusia. Jadi, lapisan apa yang melindungi bumi dari ancaman sinar UV ini?

Ozon: Penjaga Bumi dari Sinar Ultraviolet

Lapisan yang melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet adalah lapisan Ozon. Lapisan Ozon sangat penting bagi keberlangsungan hidup di bumi. Sinar UV memiliki energi tinggi dan dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel hidup, termasuk sel manusia. Pemaparan yang berlebihan terhadap sinar UV ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker kulit.

Baca Juga :  Perhatikan Gambar!Upacara adat yang terlihat pada gambar tersebut adalah?

Lapisan Ozon Itu Sendiri

Pertanyaan selanjutnya mungkin adalah, apa dan bagaimana lapisan Ozon itu sendiri? Ozon (O3) adalah bentuk oksigen yang memiliki tiga atom dalam molekulnya, bukan dua seperti oksigen (O2) yang kita hirup. Lapisan Ozon tersebut berada di stratosfer, yaitu lapisan atmosfer bumi yang berada pada ketinggian sekitar 10 hingga 50 kilometer di atas permukaan bumi.

Baca Juga :  Fungsi ekor tupai adalah?

Ozon dibentuk ketika sinar matahari memecah molekul oksigen menjadi atom-atom oksigen tunggal, yang kemudian berikatan dengan molekul oksigen lainnya untuk membentuk ozon. Ozon sangat efektif dalam menyerap sebagian besar radiasi UV yang datang dari matahari.

Isu dalam Perlindungan Lapisan Ozon

Sayangnya, lapisan Ozon yang menjadi benteng pertahanan bumi dari sinar UV ini mengalami penipisan. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia seperti klorofluorokarbon (CFC) yang digunakan dalam berbagai industri. Bahan-bahan kimia ini dapat merusak lapisan Ozon dan menciptakan apa yang dikenal sebagai “lubang ozon”.

Baca Juga :  Jangkauan Suara yang Dapat Dicapai Seseorang dalam Bernyanyi Disebut

Untuk menjaga lapisan ozon agar tetap berfungsi dengan baik dalam melindungi bumi dari radiasi UV, upaya internasional seperti Protokol Montreal telah dilakukan untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat merusak lapisan Ozon.

Dalam kata lain, lapisan Ozon merupakan perisai penting bumi dalam melindungi kehidupan di atasnya. Mengingat betapa pentingnya fungsi lapisan Ozon ini, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan melindunginya.

Leave a Comment