Kritik Sumber Dapat Dibagi Dalam Dua Bagian Yaitu Kritik Eksternal dan Kritik Internal: Kritik Eksternal Adalah Kritik Yang Ingin Melihat Dari…

Ulasan kritikal yang efektif adalah bagian yang tak terhindarkan dalam analisis yang mendalam dan penyelesaian masalah intelektual. Dalam artikel ini, penekanan diletakkan pada kritik sumber, yang dapat dibagi menjadi dua bagian utama: kritik eksternal dan kritik internal. Kita akan memahami lebih mendalam tentang kritik eksternal, kritik yang bertujuan untuk melihat lebih lanjut dan memahami.

Kritik Eksternal

Kritik eksternal adalah proses kritikal yang dilakukan terhadap sumber informasi berdasarkan faktor-faktor eksternal terkait. Yang dimaksud dengan eksternal di sini tak lain adalah elemen-elemen non-konten seperti penulis, penerbit, latar belakang publikasi, dan lain sebagainya. Tujuan utama dari kritik eksternal adalah mengevaluasi kepercayaan dan validitas sebuah sumber berdasarkan faktor-faktor ini.

Baca Juga :  Berprasangka buruk Berpikir terbuka Prejudice Labeling Toleran. Berdasarkan data diatas, faktor yang rentan mendorong terjadinya konfl ik adalah?

Sementara itu, kritik eksternal juga mencoba untuk memahami dan menganalisis konteks saat informasi disampaikan. Misalnya, kapan dan di mana data tersebut dipublikasikan, siapa yang merupakan audienya, apa yang sebenarnya coba disampaikan penulis, dan sejauh mana pengetahuan penulis tentang topik tersebut. Kritik ini dapat membantu menentukan sejauh mana bias dan perspektif pribadi penulis mempengaruhi proses penulisan dan penyajian informasi.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Tiba-Tiba Hilang Sendiri

Kritik Internal

Di sisi lain, kritik internal berfokus pada konten dari sumber informasi itu sendiri. Ini mencakup evaluasi terhadap kualitas, akurasi, relevansi, dan kelengkapan informasi serta cara informasi tersebut disajikan.

Kritik internal berusaha memahami apakah argumen dan bukti yang disajikan konsisten dan logis. Ini melibatkan pembacaan teks dengan cermat dan skeptis, dengan penekanan pada evaluasi argumen dan kesimpulan penulis, sekaligus melihat apakah bukti yang disajikan cukup mendukung argumen atau klaim tersebut.

Baca Juga :  Pembukaan UUD 1945: Pokok Kaidah Negara yang Fundamental yang Memuat

Kesimpulan

Mengkritik sumber penting untuk memahami sejauh mana kita dapat mempercayai informasi yang disampaikan. Melalui penggunaan kritik eksternal dan internal, kita dapat mengevaluasi kualitas, kepercayaan, dan relevansi informasi yang kita terima serta konteks di mana informasi itu disampaikan. Dengan demikian, ini memberi kita alat untuk melihat secara lebih kritis dan mendalam terhadap informasi dan untuk membuat penilaian yang lebih tepat dan berinformasi.

Leave a Comment