Kota di Inggris yang Menjadi Batas Pergantian Tanggal Internasional

Batas Pergantian Tanggal Internasional (International Date Line – IDL) adalah garis bayangan yang mengikuti bujursangat 180° sejauh mungkin, menentukan perubahan satu hari ke hari berikutnya. Garis ini melibatkan regulasi yang kompleks dan pengecualian untuk menyesuaikan dunia yang tidak rata. Meski demikian, ada kota di Inggris yang memiliki hubungan signifikan dengan batas pergantian tanggal tersebut, yaitu Greenwich.

Greenwich dan Meridian Utamanya

Greenwich, London, Inggris, adalah rumah bagi Royal Observatory, tempat tepat di mana “Meridian Utama” atau “Garisan Bujur 0” diukur dan didefinisikan. Garis ini merupakan titik awal pengukuran bujur dan membentang dari kutub utara ke kutub selatan.

Baca Juga :  Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Pabrik Tulis Tangan

Peranan Royal Observatory sangat penting dalam pengembangan navigasi laut dan tepat waktu, melalui penentuan bujur yang akurat. Pada tahun 1884, pada Konferensi Meridian Internasional di Washington, D.C., Meridian Utama Greenwich dipilih sebagai garis bujur utama dunia, dengan waktu lokal disebut Waktu Rata Greenwich (GMT – Greenwich Mean Time) menjadi standar waktu dunia.

Baca Juga :  Konflik adalah hubungan dua orang atau lebih yang dipandang memiliki?

Walaupun Greenwich bukan merupakan batas pergantian tanggal internasional, peranannya sebagai titik nol pengukuran waktu membuatnya erat kaitannya dengan konsep batas pergantian tanggal.

Batas Pergantian Tanggal dan Greenwich

Meskipun Batas Pergantian Tanggal tidak berjalan langsung melalui Greenwich, penggunaan Meridian Utama Greenwich sebagai titik acuan universal waktu berarti bahwa perubahan hari secara teknis dimulai di Greenwich. Sebagai contoh, ketika tengah malam terjadi di Greenwich, tepat waktu untuk perubahan tanggal di seluruh dunia, dimulai dari garis meridian dan meluas ke timur dan barat.

Baca Juga :  Dalam Masyarakat yang Plural atau Multikultural Terdapat Kelompok Suku Bangsa Sunda, Jawa, Batak, dan Sebagainya, Penggolongan Masyarakat Selalu Didadasarkan pada Ciri-Ciri

Kesimpulan

Jadi, Greenwich adalah kota di Inggris yang memiliki hubungan erat dengan konsep batas pergantian tanggal. Meski garis pembatas itu sendiri tidak melalui Greenwich, posisinya sebagai titik awal dari Waktu Rata Greenwich telah membuatnya menjadi pusat waktu dunia dan berpengaruh pada bagaimana pergantian tanggal diukur dan diterapkan di seluruh dunia. Ini semua menjadikan Greenwich, dan khususnya Royal Observatory, tempat yang penting dalam sejarah penentuan waktu dan tanggal global.

Leave a Comment