Kenaikan Harga Saham Secara Tidak Langsung Dipengaruhi oleh Manajemen Laba Melalui Kinerja Perusahaan: Variabel Intervening Dalam Pernyataan Tersebut

Pasar saham sering dianggap sebagai barometer ekonomi yang signifikan dan merupakan indikator penting kesehatan ekonomi suatu negara. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham adalah manajemen laba. Manajemen laba didefinisikan sebagai manipulasi manajerial dari laporan keuangan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tujuan utama dari tulisan ini adalah untuk membahas bagaimana manajemen laba, melalui kinerja perusahaan, secara tidak langsung mempengaruhi kenaikan harga saham.

Variabel Intervening: Kinerja Perusahaan

Variabel intervening dalam konteks ini adalah kinerja perusahaan. Ini berarti bahwa efek manajemen laba pada kenaikan harga saham dijelaskan melalui dampaknya pada kinerja perusahaan. Manajemen laba, jika dilakukan secara efektif, dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang nantinya akan menciptakan persepsi positif di pasar dan pada akhirnya meningkatkan harga saham.

Baca Juga :  Teknik pengawetan dengan memanfaatkan gelombang radioaktif adalah?

Pada dasarnya, kinerja perusahaan yang baik dapat meningkatkan kepercayaan investor, yang kemudian akan meningkatkan permintaan akan saham perusahaan tersebut dan pada akhirnya bisa merangsang kenaikan harga saham.

Manajemen Laba dalam Prakteknya

Manajemen laba dapat melibatkan berbagai taktik, termasuk menyesuaikan pengakuan pendapatan, memanipulasi beban, dan berbagai pembukuan kreatif lainnya. Tujuannya adalah untuk merepresentasikan perusahaan dalam cahaya yang lebih menguntungkan dan menarik bagi investor dan pemegang saham.

Menegaskan bahwa manajemen laba tidak selalu merupakan tindakan yang negatif, tergantung pada bagaimana dan mengapa strategi ini dilakukan. Jika hal ini dilakukan untuk mencerminkan secara lebih akurat kinerja perusahaan, dan bukan untuk menyesatkan investor dan pemegang saham, maka ini dapat dianggap sebagai praktek yang sah dan akuntabel.

Baca Juga :  Berikut yang merupakan tujuan otonomi daerah dari sudut pandang pemerintah pusat, kecuali?

Dampak pada Harga Saham

Dengan manajemen laba yang efektif dan etis, sebuah perusahaan dapat memperbaiki cahaya kinerja perusahaan dalam pandangan pelaku pasar. Ini kemudian dapat meningkatkan kepercayaan investor dan berakibat pada kenaikan permintaan saham perusahaan. Dengan meningkatnya permintaan, harga saham di pasar juga akan naik.

Baca Juga :  Mengapa Orang yang Tidak Cukup Zat Besi dalam Makanannya Mengalami Kondisi yang Disebut Anemia, yaitu Ketika Darah Tidak Bisa Mengangkut Oksigen Secara Maksimal?

Langkah-langkah manajerial yang diambil dalam manajemen laba dapat memiliki dampak yang sangat besar terhadap harga saham, karena ini secara langsung mempengaruhi persepsi investor terhadap kinerja dan nilai perusahaan.

Kesimpulan

Dalam konteks ini, variabel intervening, yaitu kinerja perusahaan, memainkan peran penting dalam hubungan antara manajemen laba dan kenaikan harga saham. Akibatnya, manajemen laba dan kinerja perusahaan adalah dua elemen yang penting yang perlu dipertimbangkan oleh investor saat membuat keputusan investasi. Manajemen laba yang efektif, jika digunakan secara etis, dapat menjadi alat penting untuk mempengaruhi persepsi investor dan meningkatkan harga saham.

Leave a Comment