Kedua Kaki Terbuka Lutut Ditekuk, Kedua Lengan Lurus Dijulurkan ke Depan Bawah dan Tangan Satu Sama Lain Dikaitkan Atau Berpegangan: Ini Adalah Gerakan Apa?

Latihan fisik atau olahraga merupakan aspek penting dari hidup yang sehat dan seimbang. Seluruh latihan fisik mungkin melibatkan berbagai gerakan dan posisi badan yang berbeda. Salah satu dari gerakan tersebut adalah gerakan yang melibatkan kedua kaki yang terbuka dan ditekuk, sementara kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah dan tangan yang satu sama lain dikaitkan atau berpegangan. Gerakan ini mungkin tidak asing bagi banyak orang, namun apakah kita benar-benar tahu apa gerakan ini dan apa manfaatnya bagi tubuh kita?

Squat Dalam Olahraga Fitness

Gerakan ini dikenal sebagai salah satu variasi dari gerakan squat dalam olahraga fitness. Squat pada dasarnya adalah gerakan yang melibatkan seluruh badan dan bertujuan untuk memperkuat otot paha, betis, gluteal (bokong), dan inti tubuh kita.

Baca Juga :  Dengan Dasar Kebangsaan atau Persatuan Bangsa Indonesia Seluruhnya Harus

Versi gerakan ini, di mana kedua kaki terbuka dan ditekuk, dan kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah sementara tangan saling mengait atau berpegangan, dapat digolongkan sebagai ‘squat dengan kedua tangan di depan’.

Manfaat Squat Dengan Tangan di Depan

Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari melakukan gerakan squat dengan tangan di depan ini, antara lain:

  1. Menguatkan Otot Inti Tubuh: Menjulurkan kedua tangan ke depan saat melakukan squat dapat membantu dalam mempertahankan keseimbangan tubuh dan pada saat yang sama memperkuat otot inti tubuh.
  2. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan: Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.
  3. Pencegahan Cedera: Melakukan gerakan ini secara rutin dapat membantu mencegah cedera, terutama pada paha, lutut, dan pinggul.
Baca Juga :  Suatu Peristiwa yang telah Ditetapkan Hukum Berdasarkan Nash dalam Rukun Qiyas lazim Disebut dengan Istilah Apa?

Cara Melakukan Squat Dengan Tangan di Depan

Untuk melakukan squat dengan tangan di depan ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Jaga punggung tetap tegak dan lurus.
  3. Jangkarkan kakimu pada lantai, kemudian turunkan badanmu seperti hendak duduk di kursi.
  4. Sejurus dengan itu, julurkan kedua lenganmu ke depan bawah dan genggam tangan yang satu dengan yang lain.
  5. Pastikan punggung tersejajarkan dengan lantai.
  6. Tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian kembali ke posisi semula.
Baca Juga :  Mengapa Pelaksanaan Tanam Paksa Menimbulkan Pro dan Kontra di Lingkungan Masyarakat di Negara Belanda?

Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan sebelum memulai latihan dan pendinginan setelah selesai latihan untuk mencegah cedera. Jika merasa kesulitan untuk melakukan gerakan ini, jangan ragu untuk meminta bantuan seorang pelatih fitness ahli.

Dengan memahami gerakan ini, kita dapat memastikan bahwa kita melakukan gerakan ini dengan benar dan mengambil manfaat penuh dari latihan ini. Sebagai bagian dari rutinitas latihan yang well-rounded, gerakan ini dapat memperkuat otot-otot yang penting, serta meningkatkan postur dan keseimbangan kita.

Leave a Comment