Keberadaan Wawasan Nusantara Secara Militer Diapit oleh Dua Kekuatan

Wawasan Nusantara adalah konsep geopolitik yang menjadi dasar penentuan wilayah Indonesia sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Konsep ini merupakan artikulasi Indonesia atas pandangannya terhadap diri dan lingkungannya dalam konteks nasional dan internasional. Dalam konteks militer, keberadaan Wawasan Nusantara seringkali dipandang sebagai posisi yang tak menguntungkan karena dikelilingi oleh dua kekuatan besar, tetapi sebenarnya dapat juga menjadi keunggulan jika dimanfaatkan dengan baik.

Kekuatan Pengapit dan Permasalahannya

Dua kekuatan yang mengapit Indonesia adalah Asia dan Australia. Kekuatan Asia bisa dilihat dari hegemoni China dan India di utara, sementara kekuatan Australia berada di selatan. Kedua kekuatan ini memiliki kapasitas dan potensi militer yang kuat, bisa menjadi tantangan bagi keamanan dan pertahanan Indonesia. Selain itu, konflik dan tenaga geopolitik dalam kawasan juga bisa berpengaruh terhadap posisi strategis Indonesia.

Baca Juga :  Pesan Error yang Tampil jika Memuat Pembagi Nol dalam Microsoft Excel adalah .....

Keuntungan dan Peluang

Meski tampak seperti posisi yang sulit, keadaan ini juga memiliki aspek positif. Lokasi strategis Indonesia berarti negara ini bisa berperan sebagai ‘buffer zone’ atau zona penyangga antara dua kekuatan besar. Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi untuk memanfaatkan hubungan baik dengan kedua belah pihak untuk meningkatkan kemampuan militer dan keamanannya sendiri.

Baca Juga :  Berikut merupakan ciri-ciri kesimpulan yang baik, kecuali?

Upaya Pertahanan dan Keamanan

Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk memperkuat pertahanan dan keamanannya di tengah dua kekuatan ini. Misalnya dengan memperkuat kapasitas militer negara, mengoptimalkan diplomasi pertahanan, dan berusaha menjaga keseimbangan hubungan dengan kedua negara besar tersebut. Selain itu, Indonesia juga berusaha untuk mengoptimalkan kerjasama dengan negara-negara lain dalam kawasan ASEAN dan di luar kawasan untuk memperkuat posisinya.

Strategi Masa Depan

Untuk masa depan, Indonesia perlu melakukan berbagai strategi dalam merespons dinamika dua kekuatan ini. Beberapa di antaranya adalah memperkuat diplomasi pertahanan, memanfaatkan mekanisme kerjasama regional dan internasional lebih optimal, mengembangkan industri pertahanan dalam negeri, dan memperkuat kedisiplinan dan profesionalisme TNI.

Baca Juga :  Apa Makna Semboyan 'Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh'

Dalam konteks yang lebih luas, keberadaan Wawasan Nusantara diapit dua kekuatan ini menjadi tantangan namun juga peluang bagi Indonesia. Melalui berbagai usaha dan strategi, Indonesia diharapkan mampu menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keamanan nasional di tengah dinamika geostrategis dan geopolitis global yang semakin kompleks.

Leave a Comment