Kata Berikut Yang Sama Artinya Dengan “Dalam Negeri” Adalah

“Dalam negeri” adalah sebuah frase dalam Bahasa Indonesia yang umumnya merujuk kepada sesuatu yang berada di dalam batas atau teritorial suatu negara. Dalam konteks ini, frase ini bisa merujuk kepada produksi, jasa, atau kegiatan lainnya yang berasal atau dijalankan di wilayah hukum suatu negara tertentu.

Berikut ini adalah beberapa kata yang memiliki arti yang sama atau serupa dengan “dalam negeri”:

  1. Domestik: Kata ini berasal dari Bahasa Latin, “Domesticus”, yang berarti “rumah”. Dalam konteks ekonomi dan perdagangan, “domestik” merujuk pada produk atau jasa yang dihasilkan dan dikonsumsi di dalam batas suatu negara. Misalnya, produk domestik bruto (GDP) adalah total nilai pasar dari semua barang dan jasa akhir yang dihasilkan di wilayah hukum suatu negara dalam jangka waktu tertentu.
  2. Lokal: Dalam konteks pembicaraan sehari-hari, “lokal” bisa merujuk kepada sesuatu yang berasal dari atau terkait dengan area tertentu dalam suatu negara. Meski dalam pengertian yang lebih luas, “lokal” bisa berarti sesuatu yang berasal dari atau ditemukan di suatu daerah, wilayah, kota, atau komunitas tertentu di dalam batas suatu negara.
  3. Nasional: Kata ini umumnya merujuk pada sesuatu yang berhubungan dengan suatu negara. Dalam konteks “dalam negeri”, “nasional” bisa merujuk pada kegiatan, produk, atau jasa yang berorientasi pada pasar atau konsumen di seluruh negara.
Baca Juga :  Campuran antara dua macam zat atau lebih yang partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu sama lainnya disebut

Dalam beberapa konteks, kata-kata seperti “intern”, “pribumi”, dan “asli” juga bisa dipakai sebagai sinonim dari “dalam negeri”, meskipun masing-masing kata memiliki konotasi dan nuansa yang sedikit berbeda. Intinya, semua kata ini merujuk pada sesuatu yang ada atau berlangsung di dalam batas suatu negara.

Leave a Comment