Jenis Gelombang Elektromagnetik yang Menampilkan Suhu Tubuh Manusia

Gelombang elektromagnetik memiliki banyak jenis yang memiliki pelbagai penggunaan dalam kehidupan sehari-hari dan ilmu pengetahuan. Salah satu jenis gelombang elektromagnetik yang digunakan dalam ilmu medis, khususnya untuk memantau dan menampilkan suhu tubuh manusia adalah gelombang inframerah.

Penjelasan Gelombang Inframerah

Gelombang inframerah adalah sejenis gelombang elektromagnetik yang berfrekuensi lebih rendah dari cahaya tampak, namun lebih tinggi dari gelombang mikro. Gelombang inframerah memiliki panjang gelombang antara 0,7 mikrometer hingga 1 milimeter dan memiliki frekuensi antara 430 terahertz hingga 300 gigahertz.

Cara Kerja Gelombang Inframerah

Gelombang inframerah diproduksi oleh objek yang memancarkan energi panas. Semua objek dengan suhu di atas absolut nol (0 Kelvin, atau -273,15 derajat Celsius) akan memancarkan energi inframerah. Oleh karena itu, tubuh manusia yang memiliki suhu sekitar 37 derajat Celsius akan memancarkan energi inframerah.

Baca Juga :  CCTV Pertama Kali Ditemukan oleh Seorang Insinyur Asal Jerman Bernama

Para ilmuwan dan insinyur telah merancang instrumen yang dapat mendeteksi dan memetakan distribusi gelombang inframerah yang dipancarkan oleh tubuh manusia. Perangkat ini biasa kita sebut sebagai kamera inframerah atau kamera termal.

Aplikasi Gelombang Inframerah dalam Medis

Dalam ilmu medis, kamera termal digunakan untuk memantau dan menampilkan suhu tubuh manusia. Kamera termal ini berguna dalam berbagai situasi. Misalnya, selama pandemi COVID-19, kamera termal digunakan secara luas untuk skrining massal suhu tubuh sebagai indikator awal deteksi potensi infeksi virus.

Baca Juga :  Uap airberubah menjadi titik-titik air apabila suhu udara?

Selain itu, dalam penelitian serta diagnostik medis, pemetaan suhu tubuh manusia dengan kamera inframerah juga menjadi cara yang berguna untuk mendeteksi berbagai kelainan dan kondisi medis, seperti inflamasi, infeksi, atau gangguan sirkulasi darah.

Selain itu, imaging inframerah juga digunakan dalam berbagai bidang lainnya, seperti dalam survei lingkungan dan analisis efisiensi energi.

Baca Juga :  Apa Yang Akan Terjadi Seandainya Tumbuhan Di Bumi Tidak Ada?

Sekalipun penggunaannya sangat beragam, penting untuk diingat bahwa hasil pengukuran suhu dengan kamera inframerah bukanlah diagnosis dan harus selalu dikonfirmasi dengan metode diagnostik lainnya.

Kesimpulan

Jenis gelombang elektromagnetik yang menampilkan suhu tubuh manusia adalah gelombang inframerah. Dengan menggunakan kamera inframerah atau kamera termal, kita dapat mendeteksi dan memetakan distribusi suhu pada tubuh manusia, yang dapat membantu dalam skrining awal maupun penelitian medis lainnya. Meskipun demikian, penggunaannya harus selalu disertai oleh metode diagnostik lainnya dan tindakan medis yang tepat.

Leave a Comment