Jelaskan Tahap Awal dan Kedua Pengolahan Energi Minyak Bumi

Minyak bumi adalah sumber energi vital yang telah lama digunakan untuk mendukung banyak kebutuhan manusia, mulai dari pembangkit listrik hingga bahan baku produk kimia. Proses pengolahan minyak bumi melewati beberapa tahapan penting sebelum dapat diaplikasikan dalam berbagai sektor. Artikel ini akan menjelaskan tahap awal dan kedua dalam pengolahan energi minyak bumi.

Tahap Awal: Eksplorasi dan Produksi

Tahap awal dalam pengolahan minyak bumi melibatkan eksplorasi dan produksi. Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam tahap ini.

  1. Survei Geologis: Geolog dan geofisikawan memanfaatkan teknologi canggih untuk mencari daerah yang berpotensi memiliki cadangan minyak. Mereka melakukan survei seismik, mempelajari struktur bawah tanah, dan mencari tanda-tanda adanya minyak.
  2. Penyondiran: Jika sebuah area dianggap memiliki potensi, proses penyondiran atau pengeboran akan dilakukan. Penyondiran ini dilakukan untuk mencapai reservoir minyak dan gas yang terletak jauh di bawah permukaan bumi atau laut.
  3. Ekstraksi: Setelah minyak ditemukan, proses ekstraksi atau pengambilan minyak mulai dilakukan. Minyak yang ditemukan biasanya berada di bawah tekanan, dan tekanan ini membantu minyak naik ke permukaan.
Baca Juga :  Contohalat musik yang biasanya menggunakan akor adalah

Tahap Kedua: Pengolahan dan Pemurnian

Setelah diekstrak, minyak mentah tidak dapat digunakan langsung. Oleh karena itu, tahap kedua melibatkan pengolahan dan pemurnian minyak mentah menjadi produk yang siap digunakan.

  1. Destilasi Atmosferik: Minyak mentah dipanaskan di dalam sebuah menara destilasi. Komponen-komponen minyak akan terpisah berdasarkan titik didih masing-masing. Fraksi yang ringan, seperti gas dan bensin, naik ke bagian atas menara. Fraksi yang lebih berat, seperti minyak diesel dan oli, turun ke bagian bawah.
  2. Konversi dan Pemurnian: Minyak berat kemudian diproses lebih lanjut melalui proses cracking, yang memecah molekul minyak berat menjadi yang lebih ringan. Selanjutnya, minyak tersebut dimurnikan untuk menghilangkan sulfur dan pengotor lainnya.
  3. Blending: Produk akhir dipadukan atau “blended” untuk mencapai spesifikasi produk tertentu. Misalnya, bensin dibuat dengan mencampur beberapa fraksi yang berbeda dari proses destilasi dan conversion.
Baca Juga :  Bunyi syahadat rasul yaitu?

Di tahap ini pula, beberapa produk seperti bensin, diesel, dan jet fuel, siap dikirim ke konsumen. Sementara itu, produk lain seperti propylene dan ethylene akan diproses lebih jauh di pabrik petrokimia.

Baca Juga :  Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakup beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama. Pengertian Negara tersebut merupakan pendapat dari?

Demikianlah tahap awal dan kedua dalam pengolahan energi minyak bumi. Proses ini menunjukkan betapa kompleksnya proses yang harus dilakukan untuk menjadikan minyak bumi menjadi produk yang siap digunakan oleh masyarakat.

Leave a Comment