Jelaskan Perbedaan Mendasar Antara Masyarakat, Crowd dan Komunitas?

Masyarakat, crowd, dan komunitas adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk kepada kelompok orang tertentu. Walaupun ketiga istilah ini sering dipakai secara bergantian, ada perbedaan mendasar antara ketiganya yang penting untuk dipahami.

Masyarakat

Istilah ‘masyarakat’ mencakup banyak arti. Secara umum, masyarakat dapat diidentifikasi sebagai kelompok besar orang yang melingkupi suatu wilayah geografis tertentu atau memiliki beberapa kesamaan karakteristik, seperti budaya, agama, atau bahasa. Sebuah masyarakat terbentuk dari interaksi sosial yang berkelanjutan dan sistem-sistem yang dihasilkan dari interaksi tersebut, seperti sistem hukum, ekonomi, dan politik. Orang-orang dalam masyarakat biasanya memiliki etika dan nilai bersama yang mendorong perilaku dan kebiasaan mereka.

Baca Juga :  Melakukan Tindakan yang Bertentangan dengan Nilai dan Norma dalam Masyarakat Merupakan Salah Satu Ciri Perilaku...?

Crowd

Sedangkan ‘crowd’ atau kerumunan, mengacu pada kelompok orang yang berkumpul di tempat yang sama pada waktu yang sama, biasanya untuk tujuan atau kegiatan tertentu. Anggota kerumunan, mungkin tidak memiliki hubungan atau jawaban yang jelas terhadap satu sama lain di luar dari konteks spesifik dimana kerumunan tersebut terjadi. Setelah situasi atau kejadian tersebut berakhir, kerumunan biasanya bubar dan individu yang sebelumnya merupakan bagian dari crowd, mungkin tidak akan memiliki hubungan satu sama lain.

Baca Juga :  Kelemahan Teori Atom Rutherford adalah Tidak Adanya Penjelasan

Komunitas

‘Komunitas’ adalah kelompok yang lebih kecil dibandingkan masyarakat dan seringkali lebih spesifik. Komunitas dapat dibentuk berdasarkan berbagai faktor seperti lokasi geografis, minat bersama, atau identitas bersama seperti etnis atau agama. Yang membedakan komunitas dari masyarakat dan crowd adalah rasa ikatan dan saling ketergantungan yang lebih kuat antar anggotanya. Anggota komunitas biasanya saling berinteraksi secara rutin dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap satu sama lain.

Baca Juga :  Besarnya garis gaya per satuan tegak lurus pada medan listrik menggambarkan besarnya

Singkatnya, perbedaan mendasar antara masyarakat, crowd, dan komunitas terletak pada ukuran kelompok, intensitas interaksi antar anggotanya, dan persamaan-persamaan yang membentuk kelompok tersebut. Meskipun istilah-istilah ini sering digunakan secara bergantian, memahami perbedaan antara ketiganya dapat membantu kita untuk memahami lebih jelas dinamika sosial kita.

Leave a Comment