Jelaskan Cara Melakukan Variasi Gerak Dasar Lokomotor dan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Menembak Bola ke Ring Basket

Gerakan dasar memiliki peranan penting dalam olahraga, termasuk permainan basket. Anda perlu memahami dan menguasai gerakan dasar lokomotor dan kombinasi gerakan dasar manipulatif untuk bisa menembak bola dengan baik dan akurat ke dalam ring basket. Artikel ini akan membahas cara melakukan variasi gerakan-gerakan tersebut.

Gerak Dasar Lokomotor

Gerakan Dasar Lokomotor adalah gerakan yang melibatkan pergerakan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Dalam permainan basket, gerakan dasar lokomotor mencakup: berjalan, berlari, melompat, dan merunduk.

  1. Berjalan dan Berlari

    Dalam basket, berjalan dan berlari tidak hanya digunakan untuk berpindah di lapangan tetapi juga untuk mempersiapkan tembakan. Variasinya bisa berupa perubahan kecepatan dan arah.

  2. Melompat

    Melompat adalah bagian integral dari tembakan bola basket. Variasinya tergantung pada ketinggian dan kekuatan lompatan.

  3. Merunduk

    Merunduk dapat memberikan posisi yang baik sebelum melompat dan menembak. Variasinya dapat terlihat dalam seberapa rendah anda merunduk dan seberapa cepat anda bergerak dari posisi merunduk ke lompatan.

Gerak Dasar Manipulatif

Gerakan dasar manipulatif adalah gerakan yang melibatkan manipulasi objek, dalam hal ini bola basket. Gerakan-gerakan ini termasuk memegang, menendang, melempar, dan menangkap.

  1. Memegang

    Dalam basket, ada beberapa cara untuk memegang bola yang dapat mempengaruhi tembakan. Cara anda memegang bola bisa bervariasi tergantung pada gaya tembakan anda.

  2. Menendang dan Melempar

    Dalam konteks basket, menendang tidak relevan, tetapi melempar sangat penting. Saat menembak, anda melempar bola dalam arah yang tepat ke ring basket. Variasinya melibatkan perubahan dalam teknik, kekuatan, dan akurasi tembakan.

  3. Menangkap

    Keterampilan menangkap bola setelah memasukkan bola dalam keranjang juga penting. Variasinya melibatkan cara anda menangkap bola dan apa yang akan anda lakukan setelah menangkap bola.

Dengan memahami dan menguasai variasi gerakan dasar ini, anda dapat meningkatkan kemampuan anda untuk menembak bola ke ring basket. Selalu ingat bahwa latihan dan konsistensi adalah kunci untuk menjadi pemain basket yang baik.

Baca Juga :  Dalam formulasi pakan, penambahan minyak sawit/ CPO di fungsikan sebagai sumber?

Leave a Comment