Ilmu Pengetahuan yang Bertujuan untuk Membentuk dan Mengembangkan Ilmu Pengetahuan Secara Abstrak serta Hanya untuk Mempertinggi Mutu Termasuk Kategori Apa?

Dalam dunia pendidikan dan pengetahuan, terdapat banyak ilmu yang beragam dengan tujuan dan fokus masing-masing. Hal ini mencakup ilmu yang berorientasi pada aspek praktis dan aplikasi langsung, serta ilmu yang lebih berfokus pada konsep dan teori. Tapi bagaimana dengan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak serta hanya untuk mempertinggi mutu? Kategori apa yang termasuk di dalamnya?

Ilmu pengetahuan yang secara eksplisit bertujuan untuk membentuk dan membangun ilmu pengetahuan abstrak, dan dengan tujuan utama untuk mempertinggi mutu pengetahuan, biasanya tergolong dalam kategori “Ilmu Murni” atau “Pure Science”.

Baca Juga :  Kekuasaan itu tetap ada selama negara tetap berdiri, merupakan sifat kedaulatan?

Ilmu Murni (Pure Science)

Ilmu Murni adalah cabang ilmu pengetahuan yang fokus pada pengembangan dan penemuan konsep, teori, dan prinsip baru yang mendasari pengetahuan kita tentang alam semesta. Ilmu murni tidak secara langsung berfokus pada aplikasi praktis dari pengetahuan tersebut, melainkan pada peningkatan pemahaman kita tentang dunia.

Jenis ilmu pengetahuan ini sering kali bersifat abstrak dan teoretis, mengandalkan pemikiran kritis, analitis, dan logis untuk memecahkan masalah dan mencari pengetahuan baru. Contoh klasik dari ilmu murni termasuk fisika, kimia, dan biologi murni, serta matematika murni.

Baca Juga :  berikutpernyataan yang benar mengenai periodisasi dalam sejarah

Ilmu-ilmu tersebut, walaupun terkadang dianggap ‘murni’ dan ‘abstrak’, namun berperan vital dalam kemajuan ilmu pengetahuan secara keseluruhan. Banyak penemuan penting di bidang teknologi, kedokteran, serta ilmu terapan lainnya yang berakar dari ilmu murni.

Kesimpulan

Sesuai dengan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak serta hanya untuk mempertinggi mutu termasuk dalam kategori ilmu murni atau pure science. Meski ilmu murni tidak selalu dirancang untuk tujuan aplikasi praktis atau komersial, perannya dalam perkembangan pengetahuan manusia adalah tak terhingga. Sebagai fondasi dari banyak disiplin ilmu lainnya, peningkatan mutu ilmu pengetahuan secara abstrak sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan kita sebagai spesies.

Leave a Comment