Ibu Dayu Membeli 2 kg 500 g Coklat untuk Membuat Kue Tart Coklat yang Dicairkan Sebanyak 1 kg 200 gram, Berapa Gram Coklat yang Belum Dicairkan?

Sebuah pertanyaan menarik telah muncul yang sering menjadi topik hangat di kalangan pecinta matematika atau mereka yang menikmati tantangan matematika sehari-hari. Pertanyaan tersebut adalah, “Jika Ibu Dayu membeli 2 kg 500 g coklat untuk membuat kue tart coklat, dan jika dia telah mencairkan 1 kg 200 gram dari coklat tersebut, berapa gram coklat yang belum dicairkan?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama kita perlu memahami berapa banyak gram dalam satu kilogram. Satu kilogram setara dengan 1.000 gram. Jadi, jika Ibu Dayu membeli 2 kg 500 g coklat, itu berarti dia membeli 2.500 gram coklat (2 kg = 2.000 g dan 500 g = 500 g, jadi 2.000 g + 500 g = 2.500 g).

Baca Juga :  Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional, pengertian wawasan Nusantara menurut?

Selanjutnya, kita perlu mengetahui berapa banyak coklat yang telah dicairkan oleh Ibu Dayu. Dalam pertanyaan tersebut disebutkan bahwa dia telah mencairkan 1 kg 200 g coklat. Mengubahnya lagi ke dalam gram, 1 kg 200 g setara dengan 1.200 gram coklat.

Baca Juga :  Dampak Interaksi Antar Ruang terhadap Migrasi Pekerjaan dari Sektoral Sumber Daya Alam ke Bidang Industri dan Jasa

Dengan tahu kedua informasi tersebut, kita bisa mengurangi jumlah coklat yang telah dicairkan dari total coklat yang dibeli oleh Ibu Dayu. Jadi, 2.500 g (total coklat yang dibeli) – 1.200 g (coklat yang telah dicairkan) = 1.300 g.

Baca Juga :  Dari Pernyataan Tersebut yang Sepadan dengan Ketimpangan Sosial adalah

Jadi, berdasarkan perhitungan melalui pertanyaan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa Ibu Dayu masih memiliki 1.300 gram coklat yang belum dicairkan. Inilah jawaban dari pertanyaan kita.

Mari kita terus menjaga kecintaan kita terhadap matematika sehari-hari, karena matematika bisa membantu kita menjawab banyak pertanyaan dan membuat hidup kita lebih mudah dan lebih menyenangkan. Selamat berhitung!

Leave a Comment