Hari Ketika Allah SWT. Memperlihatkan Semua Amalan di Akhirat: Segala Dosa Besar dan Kecil Dihitung dengan Seksama dan Teliti

Hari itu biasa kita sebut sebagai hari pembalasan, atau yang dalam agama Islam dikenal dengan istilah Hari Kiamat. Sebuah hari di mana setiap amal perbuatan manusia, baik yang besar maupun kecil, akan diperhitungkan dengan teliti oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dosa-dosa Terhitung dengan Ketelitian

Tidak ada sesuatu pun yang luput dari perhitungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semua dosa, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, akan dibawa ke hadapan untuk diperhitungkan. Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Zalzalah (99:7-8),

Baca Juga :  Posisi Indonesia yang Terletak Antara Dua Samudra Menjadikan Indonesia Sebagai Apa?

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

Begitu teliti dan adilnya pencatatan dan pembalasan ini sehingga tidak ada seorang pun yang bisa menghindari pertanggungjawabannya.

Anggota Tubuh Menjadi Saksi

Dalam hari pembalasan atau Hari Kiamat, setiap anggota tubuh manusia akan menjadi saksi atas segala perbuatannya selama di dunia. Allah berfirman dalam Surah An-Nur (24:24),

Baca Juga :  You should take medicine and some rest ... you get well soon?

Pada hari (ketika) lidah dan tangan serta kaki mereka akan menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

Ini menandakan betapa setiap perbuatan yang kita lakukan di dunia ini tidaklah sia-sia dan akan ada balasannya di akhirat nanti.

Hari Kiamat Sebagai Pengingat

Dsamaka, setiap perbuatan kita selalu dicatat dan pasti akan ada pembalasannya, baik itu perbuatan yang baik maupun yang buruk. Semakin kita memahami tentang hari pembalasan, maka seharusnya semakin bertambah pula kesadaran kita untuk selalu berbuat baik dan menjauhi kemungkaran.

Baca Juga :  Contohsikap atau perilaku yang mencerminkan Nilai Kemanusiaan adalah?

Memahami hari ketika Allah SWT memperlihatkan semua amalan di akhirat merupakan sebuah pengingat dan motivasi bagi kita semua untuk selalu berbuat kebaikan dalam hidup ini. Mari kita selalu bertakwa dan berusaha mencapai ridha Allah dengan berbagai bentuk amal shaleh dan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Leave a Comment